Penerapan Metode Storytelling Dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI

Penulis

  • Nurul Zahrah Hayati Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datuk Laksemana Bengkalis, Riau, Indonesia
  • Fatiha Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datuk Laksemana Bengkalis, Riau, Indonesia
  • Syakinah Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datuk Laksemana Bengkalis, Riau, Indonesia
  • Rahmatun Nisak Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datuk Laksemana Bengkalis, Riau, Indonesia
  • Supardi Ritonga Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datuk Laksemana Bengkalis, Riau, Indonesia

Abstrak

Penanaman nilai-nilai moral merupakan aspek penting dalam pendidikan, khususnya dalam hal pembentukan kepribadian siswa. Narasi, atau pendekatan naratif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), merupakan salah satu teknik yang dianggap berhasil dalam mencapai tujuan ini. Untuk membantu siswa mengembangkan kepribadian yang positif, penelitian ini mencoba menjelaskan bagaimana guru dapat menggunakan teknik naratif untuk memberikan konten PAI dengan cara yang lebih menarik, menyentuh, dan bermakna. Dengan mengevaluasi berbagai literatur dan temuan penelitian yang relevan, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berdasarkan studi literatur. Temuan analisis menunjukkan bahwa penerapan storytelling mampu   menciptakan suasana pembelajaran yang lebih hidup, menyampaikan nilai-nilai moral dan spiritual secara efektif, serta memperkuat keterlibatan emosional siswa. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan kemampuan guru dalam bercerita dan alokasi waktu pembelajaran yang sempit, dapat diatasi melalui pelatihan, penyediaan materi cerita yang sesuai, serta dukungan teknologi. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa storytelling merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu menanamkan akhlak mulia dengan cara yang menyenangkan dan berdampak mendalam bagi peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-24

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan Agama Islam