https://qatestingonlinetraining.com/ https://baseballglory.com/ slot thailand https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/foxv/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/dev/system/web/ https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/pasarbaris/ https://setda.malukuprov.go.id/wp-content/plugins/web/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/sistem/ https://pasarbaris.stpkat.ac.id/ https://greenlifedesigns.org/ https://heylink.me/olx234/ http://setuwetan.desa.cirebonkab.go.id/ https://sip.bundamulia.ac.id/qr/ https://inbistekuis.com/ https://bencana-kesehatan.net/ https://sip.bundamulia.ac.id/e_receipt/
Islamic Parenting Melalui Literasi Digital Dalam Membangun Karakter Anak | Syihab | Jurnal Pendidikan Agama Islam

Islamic Parenting Melalui Literasi Digital Dalam Membangun Karakter Anak

Najwa Aulia Syihab

Sari


Perkembangan teknologi di era digital membawa perubahan yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan. Di era digital ini permasalahan pendidikan menjadi sangat kompleks terutama pada pendidikan karakter anak, bahkan sejak zaman Rasulullah Saw. hingga saat ini. Dengan adanya perkembangan tersebut, diperlukan keahlian orang tua dalam mendidik anak. Penelitian ini mengkaji secara mendalam terkait Islamic Parenting melalui literasi yang dilakukan oleh orang tua milenial. Keterampilan literasi digital sangat dibutuhkan oleh para orang tua agar dapat melaksanakan berbagai peran sebagai pendidik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengelaborasi berbagai macam literatur dalam bentuk buku, jurnal, e-book dan literatur yang relevan dengan permasalahan Islamic parenting melalui literasi digital. Teknik analisis data menggunakan konten analisis dari jurnal dan dokumen lain yang diakses melalui Internet. Hasilnya menunjukkan bahwa Islamic parenting menjadi satu kesatuan utuh dari sikap orang tua terhadap anak dalam mengasuh, mendidik, membina, membiasakan, dan membimbing anak secara optimal berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah Saw. Dalam konteks peran orang tua dalam mendidik karakter anak, literasi digital yang baik berperan penting dalam mengembangkan pengetahuan orang tua terhadap topik edukasi parenting sehingga dapat mendorong rasa ingin tahu dan kreativitas sebagai orang tua. Pada umumnya setiap anak memiliki karakter masing masing sesuai generasi mereka, maka dalam penerapan pola asuh harus di perhatikan pula karakteristik anak sesuai perkembangan zaman yang ada. Kesimpulannya, di era digital ini orang tua sangat berperan penting dalam mendidik karakter anak. Orang tua harus mengetahui dan menerapkan pola asuh yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.


Kata Kunci


Islamic Parenting, Literasi Digital, Pendidikan Karakter Anak.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v3i2.4148

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template:

cukongbet