PENERAPAN MEDIA ANIMASI MELALUI APLIKASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP Plus Kaimas, Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v3i2.3751Kata Kunci:
Media Animasi, Powtoon, Hasil Belajar Siswa.Referensi
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. JP3M: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika 2.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Jawa Tengah: Fatawa Publishing.
Daradjat, Z. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Deliviana, E. (2017). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaatnya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke-56 Universitas Negeri Makassar, (pp. 3-4).
Ernalinda, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).
Fadhila, N., Dewi, M. S., & Muslim, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Powtoon Materi Dakwah Rasulullah di Makkah. Jurnal Pendidikan Islam, 7 No. 7.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 107.
Ijudin, & Munawaroh, N. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Krismawanti. (2019). Mendidik Anak Di Era Digital. Bandung: Sarana Ilmu Pustaka.
Nata, A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pakpahan, & Bertua, N. F. (2021). The Effectiveness of Achieve Student Competency Between Learning Using Video-Based Media and Power Points in Environmental Science Courses. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 9, 606.
Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. JPGSD, Volume 06 No 04.
Rusmansyah, D., & Zukhrufah. (2019). Media Pembelajaran Aktif Anak. Bandung: CV. Teman Belajar.
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III SDN Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 7.
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. JP3M: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika 2.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Jawa Tengah: Fatawa Publishing.
Daradjat, Z. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Deliviana, E. (2017). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaatnya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke-56 Universitas Negeri Makassar, (pp. 3-4).
Ernalinda, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).
Fadhila, N., Dewi, M. S., & Muslim, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Powtoon Materi Dakwah Rasulullah di Makkah. Jurnal Pendidikan Islam, 7 No. 7.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 107.
Ijudin, & Munawaroh, N. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Krismawanti. (2019). Mendidik Anak Di Era Digital. Bandung: Sarana Ilmu Pustaka.
Nata, A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pakpahan, & Bertua, N. F. (2021). The Effectiveness of Achieve Student Competency Between Learning Using Video-Based Media and Power Points in Environmental Science Courses. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 9, 606.
Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. JPGSD, Volume 06 No 04.
Rusmansyah, D., & Zukhrufah. (2019). Media Pembelajaran Aktif Anak. Bandung: CV. Teman Belajar.
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III SDN Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 7.
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.