Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri (Penelitian di Pondok Pesantren Darunnajah Karangpawitan Garut)

Penulis

  • rizki agung Universitas Garut
  • Fiqra Nazib Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpai.v2i2.3163

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya kegiatan kepesantrenan di pondok pesantren Darunnajah kurang efektif disebabkan guru ngaji di pesantren tersebut banyak kesibukan di luar kegiatan pesantren. Sehingga para santri tidak ada yang mengontrol dan membimbing secara langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis tentang Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri (Penelitian di pondok pesantren Darunnajah Karangpawitan.  Secara umum penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan metodenya Deskriptif, dengan populasi penelitian 40 santri. Teknik pengumpilan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data menunjukan bahwa Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri di Pondok Pesantren Darunnajah menghasilkan nilai korelasi 0,780 dengan nilai thitung sebesar 7,679. Nilai tersebut lebih besar dari pada nilai ttabel  2,048 (7,679 > 2,048). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa. Terdapat Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri di Pondok Pesantren Darunnajah .

Kata kunci:  Bimbingan, Efektivitas Belajar, Santri Senior

Referensi

A Halim, dkk. 2009. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Lkis

A’la, Abdul. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Abdullah. 2007. Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi Interkoneksi. Yogyakarta: Suka Press

Abdurahman Wahid. 1998. Bunga Rampai Pesantren. Jakarta: Dharma Bakti

Abu Yasid, 2018. Paradigma Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif .Yogyakarta: Ircisd

Al-Qur’an Al-Karim

Amin Haedari. 2007. Transformasi Pesantren. Jakarta: Media Nusantara

Burhanudin Salam, 2003. Etika Individual. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto. 2015. Bimbingan Konseling.Yogyakarta: Gava Media

Departemen Agama RI. 2002. Pembelajaran Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI

Haidar Putra Daulay, 2004. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada Media

http://repository.upi.edu/7701/2/d_bp_019886_chapter1.pdf pada 18 November Pukul:12:30

https://selladwi.wordpress.com/2014/01/16/tahapan-dan-keterampilan-dasar-konseling/ Pada 20 November Pukul:19:45

Ilyas. 2012. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara

Mansur. 2004, Moralitas Pesantren.Yogyakarta: Safria Insani Press

Marzuki. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Setia

Mastusu. 1994.Dinamika Pendidikan Pesantren. Jakarta: Inis

Masykur, Anis Menakar. 2010. Modernisasi Pendidikan Pesantren. Jawa Barat: Barnea Pustaka

Maunah. 2009. Suverpisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Teras

Mulyana. 2012. Efektivitas Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Mulyanto, Sumardi, Sejarah Singkat Pendidikan Islam di Indonesia 1945-1975. Jakarta: Dharma Bakti

Muhamad Nazib, Fiqra. 2022. ‘Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum Terhadap Manajemen Pembelajaran Untuk Mewujudkan Capaian Pembelajaran Siswa (Studi Kasus Di MA. Persis Tarogong Garut)’. Khazanah Akademia 6(02):29–38. doi: 10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i02.109.

Sanusi. 2012. Pedemoan Pelaksanaan Pendidikan. Bandung: Refika Adima

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI

Tilaar. 2000. Kasus Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30