Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri (Penelitian di Pondok Pesantren Darunnajah Karangpawitan Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v2i2.3163Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya kegiatan kepesantrenan di pondok pesantren Darunnajah kurang efektif disebabkan guru ngaji di pesantren tersebut banyak kesibukan di luar kegiatan pesantren. Sehingga para santri tidak ada yang mengontrol dan membimbing secara langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis tentang Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri (Penelitian di pondok pesantren Darunnajah Karangpawitan. Secara umum penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan metodenya Deskriptif, dengan populasi penelitian 40 santri. Teknik pengumpilan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data menunjukan bahwa Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri di Pondok Pesantren Darunnajah menghasilkan nilai korelasi 0,780 dengan nilai thitung sebesar 7,679. Nilai tersebut lebih besar dari pada nilai ttabel 2,048 (7,679 > 2,048). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa. Terdapat Pengaruh Bimbingan Santri Senior Terhadap Efektivitas Belajar Santri di Pondok Pesantren Darunnajah .
Kata kunci: Bimbingan, Efektivitas Belajar, Santri SeniorReferensi
A Halim, dkk. 2009. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Lkis
A’la, Abdul. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Abdullah. 2007. Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi Interkoneksi. Yogyakarta: Suka Press
Abdurahman Wahid. 1998. Bunga Rampai Pesantren. Jakarta: Dharma Bakti
Abu Yasid, 2018. Paradigma Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif .Yogyakarta: Ircisd
Al-Qur’an Al-Karim
Amin Haedari. 2007. Transformasi Pesantren. Jakarta: Media Nusantara
Burhanudin Salam, 2003. Etika Individual. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2015. Bimbingan Konseling.Yogyakarta: Gava Media
Departemen Agama RI. 2002. Pembelajaran Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI
Haidar Putra Daulay, 2004. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada Media
http://repository.upi.edu/7701/2/d_bp_019886_chapter1.pdf pada 18 November Pukul:12:30
https://selladwi.wordpress.com/2014/01/16/tahapan-dan-keterampilan-dasar-konseling/ Pada 20 November Pukul:19:45
Ilyas. 2012. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara
Mansur. 2004, Moralitas Pesantren.Yogyakarta: Safria Insani Press
Marzuki. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Setia
Mastusu. 1994.Dinamika Pendidikan Pesantren. Jakarta: Inis
Masykur, Anis Menakar. 2010. Modernisasi Pendidikan Pesantren. Jawa Barat: Barnea Pustaka
Maunah. 2009. Suverpisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Teras
Mulyana. 2012. Efektivitas Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
Mulyanto, Sumardi, Sejarah Singkat Pendidikan Islam di Indonesia 1945-1975. Jakarta: Dharma Bakti
Muhamad Nazib, Fiqra. 2022. ‘Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum Terhadap Manajemen Pembelajaran Untuk Mewujudkan Capaian Pembelajaran Siswa (Studi Kasus Di MA. Persis Tarogong Garut)’. Khazanah Akademia 6(02):29–38. doi: 10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i02.109.
Sanusi. 2012. Pedemoan Pelaksanaan Pendidikan. Bandung: Refika Adima
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI
Tilaar. 2000. Kasus Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo