Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Dian Hardianti, Iman Saifullah, Ja'far Amirudin

Abstrak


Riset ini dilatar belakangi oleh sebagian anak didik di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Ciledug Al- Musaddadiyah Garut yang sedang sedikit pemahamannya pada mata pelajaran pembelajaran agama islam, perihal ini dibuktikan dengan angka anak didik yang belum sanggup melampaui angka patokan minimun( KKM). Riset ini bermaksud buat mempelajari mengenai gimana akibat alat penataran google classroom kepada hasil berlatih anak didik pada mata pelajaran pembelajaran agama islam dikelas XII Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Ciledug Al- musaddadiyah Garut. Tata cara yang dipakai pada riset ini merupakan tata cara kuantitatif dengan metode analisa deskritif survei, ialah riset yang didapat bersumber pada kejadian yang terjalin dengan mengutip ketetapan dari informasi hasil ilustrasi dengan memakai percobaan statistik. Hasil yang didapat dari pengerjaan informasi membuktikan kalau alat penataran google classroom di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Ciledug Al- Musaddadiyah Garut mempunyai angka pada umumnya 76% dengan patokan bagus, sedangkan hasil berlatih anak didik pada mata pelajaran pembelajaran agama islam pada anak didik kategori XII Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Ciledug Al- Musaddadiyah Garut mempunyai angka pada umumnya 74% dengan patokan bagus. Alhasil akibat alat penataran google classroom pada anak didik kategori XII Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Ciledug Al- Musaddadiyah Garut menciptakan angka hubungan sebesar 0, 72. Lalu nilai t hitung 7,80 > t tabel 1,98 artinya nilai t hitung lebih besar daripada t tabel. Hingga bisa ditarik kesimpulan kalau ada akibat yang penting antara alat penataran google classroom kepada hasil berlatih anak didik pada mata pelajaran pembelajaran agama islam.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, google classroom, Hasil Belajar siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Drs Ahmad Saebani, D. A. (2008). Ilmu Pendidikan Islam I. Bandung: CV. Pustaka Abadi.

Pinandhito Kennet, M.P. (2020) How I Use Google Classroom as a Teacher and Student (Solusi Belajar dari Rumah). Sukabumi :CV Jejak.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

ugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal:

Vicky Dwi Wicaksono, (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom disekolah dasar. seminar Nasional Pendidikan PGSD. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitria Mayasaru, dkk, "Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi GuruMan 2 Model Pekanbaru", Junal Pengabdian Untuk mu Negeri, Vo;. III. NOMOR 1, 2019, H.22

Hakim, A. B. (2016). Efektivitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statment, 2(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v2i2.2958

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template: