MANAJEMEN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DI MTS AL-ANWAR KOTAWARINGIN BARAT

Ade Tuty

Abstrak


Penelitian ini mengkaji tentang gambaran manajemen sekaligus faktor pendukung dan penghambat pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) di MTs Al-Anwar Kotawaringin Barat. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan PKB meliputi evaluasi untuk mengetahui kemampuan guru, implementasi PKB dengan menindaklanjuti hasil dari evaluasi kemudian diikutsertakan dalam program diklat, workshop, dan melanjutkan studi.

Evaluasi PKB dengan menilai dari hasil pelatihan oleh kepala sekolah dan pengawas. Adapun 3 komponen / unsur PKB pengembangan diri dengan mengikuti diklat dan workshop, publikasi ilmiah, karya inovatif dengan pembuatan bahan ajar, silabus dan RPP. Adapun faktor pendukung dan penghambat yakni fasilatas sekolah yang kurang menunjang, faktor penghambat lain yakni guru tidak sadar kompetensi apa yang kurang dari dirinya, dan beberapa guru yang belum fasih dalam penggunaan informasi teknologi dan komputer.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemdikbud, Dirjend GTK), Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Angka Kreditnya, Buku 4 edisi revisi, 2019

Kemdikbud, Dirjend GTK, Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Penilian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Buku 5 edisi revisi, 2019.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99- 110. 10.24235/ileal. v3i1.1820

Muwahid Shulhan, Supervisi Pendidikan: Teori dan Terapan dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru. Surabaya, Cetakan 1, 2012.

Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya, 2007.

Mulyasa, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA, 2013.

Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum, Rosdakarya: Bandung, 2013

Nurkolis, Yovitha. Y, Sunandar. “Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk guru”. Journal Kelola Manajement Pendidikan. Volume: 4 No.1. Tahun 2017

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1)

Priyono, Manjemen Sumber Daya Manusia. Jl. Taman Pondok Jati J3. Taman Sidoharjo. Zifatama Publisher. Cetakan ke 2, Mei 2010.

Payong, Sertifikasi Profesi Guru, PT. Indeks, Jakarta,. 2011.

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

Rusdarti, Slamet & Suchihatiningsih. 2018, “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Pembuatan Publikasi Ilmiah Melalui Workshop Pendampingan Bagi Guru SMA Kota Semarang”, Rekayasa Vol. 16 No.2, Desember 2018.

Sugiyarti dan Narimo.S. “Pengelolaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di MTS Negeri 6 Putatsari Grobogan”. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.11. No. 2. 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta Bandung, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Peneltian Pendidikan). Afabeta, Bandung. Edisi Ke -3, April 2019

Satori Djam’an dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2009

Sianturi, Canni Loren, “Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru SMK”. Jurnal Pendidikan Humaniora, Volume 1 Nomor 1. 2013

Sukmadinata, N. S., Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya Bandung, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v1i2.2694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template: