Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v1i2.2691Abstrak
Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis secara kajian literatur mengenai pentingnya internalisasi moderasi beragama dalam pendiidkan islam. Analisis pada artikel ini menggunakan empat langkah kajian literatur, yaitu pemilihan topik yang akan direview, mencari dan menyeleksi artikel yang berkaitan dengan topik, menganalisis dan mensintesis literatur, dan mengorganisasikan tulisan. Hasil kajian pustaka dan analisisnya menunjukkan bahwa pendidikan agama islam berperan penting dalam proses pembentukan karakter, sikap dan perilaku seorang muslim. Kajian mengani konsep toleransi, moderasi dan multicultural menjadi bahasan penting dalam muatan pembelajaran pendidikan agama islam. Dalam konteks idelanya, moderasi beragama menjadi dasar penting yang perlu di internalisasikan guna menghadapi adanya keberagaman baik dalam konteks agama, suku, bahasa dan pandangan pribadi dalam kehidupan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa moderasi beragama sangat penting untuk di internalisasikan baik di jenjang sekolah, pesantren, dan perguruan tinggi.
Referensi
Ashoumi, H. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Aswaja dan ImplementasinyaTerhadap Sikap Anti-Radikalisme Mahasiswa. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang, 9(2), 1–26.
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702
Idri, H. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. STIS Miftahul Ulum Lumajang, 11(September), 182. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/569
Khotimah, H. (2021). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pesantren. Institut Agama Islam Negeri Madura, 62–68.
Muhaini. (2021). Internalisasi Pendidikan Moderasi Beragama dalam Sistem Pendidikan Dayah Tradisional di Kota Langsa. (Studi Kasus di Dayah Tradisonal Raudhatun Najah Kota Langsa). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 861–876. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1636
Naj’ma, D. B. A. dan S. B. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica, 5(2), 422–434. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/view/4919
Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605
Selvia, S., Rahmat, M., & Anwar, S. (2022). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terhadap Konsep Moderasi Beragama. Intizar, 28, 1–9. https://doi.org/10.19109/intizar.v28i1.11667
Suryadi, R. A. (2022). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 20(1), 12–26.