Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian Deskriptif Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Al-Khoiriyyah III Karangpawitan)

Gina Sari, Fiqra Nazib

Abstrak


Allah swt menciptakan manusia berbeda dengan makhluk lainnya yaitu mempunyai akal untuk berpikir, akal tidak akan berkembang secara sempurna apabila tidak melakukan proses pendidikan. Salah satunya kita harus bisa mempunyai rasa keimanan, ketaqwaan kepada Allah swt dan bertingkah laku sesuai ajaran islam. Maka adanya mata pelajaran aqidah akhlak di MI, MTS dan MA yang dapat menunjang keduanya. Artikel ini bertujuan untuk membahas pembelajaran akidah di  madrasah  ibtidaiyah yang berkenaan dengan perencanaan, pelaksanaan kesulitan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif serta metode deskriptif untuk bisa menjelaskan, merangkai, menggambarkan dan menjawab permasalahan yang akan diteliti dengan lebih detail dan terperinci. Berdasarkan pada hasil penelitian antara lain: Pertama, perencanaan pembelajaran, RPP dibuat berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Kedua, pelaksanaan kegiatan pembelajaran disesuaikan berdasarkan RPP yang telah dirancang oleh guru mata pelajaran aqidah akhlak dengan memperhatikan beberapa hal dalam pelaksanaannya seperti media, metode dan kurikulum yang digunakan. Ketiga, kesulitan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran aqidah akhlak yaitu adanya ketidaksinkronan dengan orangtua. Keempat, evaluasi dilakukan secara tertulis seperti ujian dan penilaian terhadap keseharian peserta didik dalam bertingkah laku. Kelima, indikator yang terjadi pada peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran aqidah akhlak yaitu adanya perubahan akhlak.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v1i2.2612

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template: