Pengaruh Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah Terhadap Akhlak Santri
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v2i2.1855Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman para santri terhadap kitab bidayatul hidayah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh pembelajaran kitab bidayatul hidayah terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Syifaush Shudur Tarogong Kidul Garut, bagaimana pembelajaran kitab bidayatul hidayah dan akhlak santri. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknis analisis deskriptif. Dengan populasi pada penelitian ini berjumlah 56 santri dan diambil sampel 56 santri di Pondok Pesantren Syifaush Shudur Tarogong Kidul Garut. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, angket. Hasil yang diperoleh bahwa pengaruh pembelajaran kitab bidayatul hidayah dengan kriteria sangat baik hal ini di tunjukkan dengan jumlah rata-rata 87,64% sementara akhlak santri termasuk dalam kriteria sangat baik di tunjukkan dengan rata-rata jumlah 90,56%. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa pembelajaran kitab bidayatul hidayah berpengaruh sebesar 3,61% terhadap akhlak santri, sedangkan sisanya 96,39% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis,di antaranya faktor bawaan dan lingkungan terutama ligkungan pesantren.
Kata kunci: Pembelajaran, Kitab, Bidayatul Hidayah, dan Akhlak Santri
Referensi
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Al Barry, M. Dahlan. 2017. Kamus Ilmiyah PopulerYogyakarta: Arkola Surabaya
Al-Ghazali, Abu Hamid, Bidayatul Hidayah, diterjemahkan oleh Ahmad Fahmi bin Zamzam Al-Banjari, Banjar Baru: Darul Yasin, 2015
Al-Qur’an dan Terjemah, Kementrian Agama Republik Indonesia, Bandung:CV Media Fitrah Rabbani,2017
Anwar, Saepul, Filsafat Ilmu Al-ghazali Dimensi Ontotogi dan aksiologi, Bandung: Pustaka Setia, 2017
Arikunto, Suharsini. 2016, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka cipta, Jakarta.
Ali Anwar Yusuf, 2018. Studi Agama Islam, Pustaka Setia, Bandung.
Basri, Hasan, 2017 Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Setia Bandung.
Departemen Pendidikan dan Kebudyaan. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2017
Dimyati, Mudjiono, 2015, Belajar & Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta
Hambali, “Moralitas: Perspektif Konsep, Teoritis dan Filosofisâ€. Bumi Akara. Aksara, 2017, 17.
Hamzah Ya’kub, 2018, Etika Islam Pembinaan Akhlak Karimah: Suatu Pengantar, CV. Diponegoro
Hasan Langgulung, 2017, Asas-asas Pendidikan Islam, PT. Al-Husna. Jakarta
Muhammad Alim, 2018, Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Remaja Rosdakarya, Bandung
Mohammad Daud Ali, 2017. Pendidikan Agama Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Mohammad Nasirudin, 2019, Pendidikan Taswuf, RaSAIL Media Group, Semarang
M. Yatimin Abdullah, 2017, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Amzah. Jakarta
Majid Abdul. 2017, Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Nuryanto. (2018). “Eksistensi Pendidikan Pondok Pesantren Terhadap Perubahan Akhlak Santriâ€. Jurnal Tarbawiyah. 10, 67-69.
Nadwa. (2018). “Metode Pendidikan Akhlaq Santri di Pesantren dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa Di Kabupaten Bireuenâ€. Jurnal Pendidikan Islam. 12, 98-100
Purnomo, Aji. 2018 di akses 22 Maret 2018
Rosidi, 2017. Pengantar Akhlak Tasawuf, CV. Karya Abadi Jaya, Semarang
Suyabrata, Sumadi, 2018, Psikologi Pendidikan, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Syafril, Zelhendri Zen. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Depok
Samidi. (2019). “Akhlak Santri Antara Teks Dan Konteksâ€. Jurnal Analisa. 16, 44-48
Sugiyono,2017, Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Alfabeta, Bandung.
Sutrisno Hadi.2019, Metodologi Research, Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Yazid Abu. 2018, Paradigma Baru Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif (Cetakan Pertama), IRCiSoD, Yogyakarta.
Zainudin. 2018, Seluk Beluk Pendidikan dari al-Ghazali, Bumi Aksara, Jakarta
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, 2016, Strategi Pembelajaran Aktif,Yogyakarta
Zarkasyi, K.H. Abdullah Syukri. 2018, Manajemen Pesantren Pengalaman Pondok Modern Gontor, TRIMURTI PRESS, Ponorogo.
Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral & Budi Pekertidalam Perspektif Perubahan, Jakarta:PT.Bumi Aksara,2017.