Pengaruh Bimbingan Orang Tua Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Penelitian di Kelas XI SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpai.v1i1.1669Abstrak
Penelitian dilatar belakangi oleh banyaknya siswa di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah yang kurang aktif dalam proses pembelajaran online, hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya nilai siswa yang rendah disaat penilaian tengah semester 1 2020-2021.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang bagaimana pengaruh bimbingan orang tua di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI SMA Ciledug Al-Musaddadiyah.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif survey. Yaitu penelitian yang diambil berdasarkan fenomena yang terjadi dengan mengambil keputusan dari data hasil sampel dengan menggunakan uji statistik. Dengan mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan.
Hasil yang diperoleh dari pengolahan data menunjukkan bahwa bimbingan orang tua di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) kelas XI SMA Ciledug Al-Musaddadiyah memiliki skor rata-rata 77,85 % dengan kriteria baik, sementara prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI SMA Ciledug Al-Musaddadiyah memiliki skor rata-rata 75,06 % dengan kriteria baik. Sehingga pengaruh bimbingan orang tua di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa kelas XI SMA Ciledug Al-Musaddadiyah menghasilkan nilai kolerasi 0,76 dengan nilai thitung sebesar 7,21. Nilai tersebut lebih besar dari nilai trabel sebesar 2,00 (7,21 > 2,00). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan orang tua di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama IslamReferensi
Buku:
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alpabetha.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosyid, Moh.Zaiful. Mustajab dan Aminol Rosyid Abdullah. 2019. Prestasi Belajar. Bandung: Literasi Nusantara.
Ijudin dan Nenden Munawaroh. 2018. Pendidikan Agama Islam. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari (Anggota Ikapi).
Karwati, Euis. dan Donni Juni Priansa. 2019. Manajemen Kelas Classroom Management. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. 2011. Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fadilatama.
Tuús, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jalarta: Grasindo.
Langgulung, Hasan. 2003. Pendidikan Islam dalam Abad ke-21. Jakarta: PT.Pustaka Alhusna Baru.
Syafril dan Zelhendri Zen. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Subana. Moersetyo Rahadi., dan Sudrajat. 2015. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia (Anggota Ikapi).
Basri, Hasan. 2017. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia (Anggota Ikapi).
Izzan, Ahmad. 2016. Hadis Pendidikan. Bandung: Humaniora.
Izzan, Ahmad. 2015. Tafsir Pendidikan. Bandung: Humaniora.
Nasharuddin. 2015. Akhlak Ciri Manusia Paripurna. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Daradjat, Zakiyah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutirna. 2012. Landasan Pendidikan. Gorontalo: Ideas Publishing.
Tambak dan Muhammad Kardi. 2017. Pengembangan Karakter Mengembangkan Akhlak Islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta (Anggota Ikapi).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta (Anggota Ikapi).
Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Perseda.
Tafsir, Ahmad. 2017. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya (Anggota Ikapi).
Zahroh. 2009. Pengaruh Bimbingan Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SDN Kradon Lor 02 Kecamatan Suruh [Skripsi] Jawa Tengah (ID): IAIN SALATIGA
Jurnal :
Purandina. 2020. Peran pendidikan di masa Covid-19 :Linguistik Indonesia.29(Vol.2):167-184
Haerudin,Adinda,Nursiti,Rizky dan Veronika. 2020. Peran orang tua dalam membimbing anak selama pembelajaran dirumah sebagai upaya memutus Covid-19: Universitas Singarperbangsa.Vol.7(1).
Cahyati, Nita. 2020. Peran orang tua dalam menetapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid-19 : STKIP Muhammadiyyah.Vol.4 (1)
Website:
https://scholar.google.co.id/ diakses pada tanggal 20 September 2020 pukul 20:16 WIB.
https://kbbi.web.id/ diakses pada tanggal 26 September 2020 pukul 22:32 WIB.
https://who.coronavirus.disiase/ diakses pada tanggal 21 Oktober 2020 pukul 10:27 WIB.
https://kompas.com. diakses pada tanggal 21 Oktober 2020 pukul 12:00 WIB.
https://kbbi.web.id/ diunduh pada tanggal 29 Oktober 2020 pukul 21.34
http://ummifoundation.org/tentang/ diakses pada tanggal 24 Oktober 2020