Pembelajaran PAI Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (Studi Deskriptif Pembelajaran PAI di MIN 2 Garut)

Ahmad Jaelani

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Fokus kajian pada artikel ini adalah berkenaan dengan telaah deskriptif implementasi pembelajaran PAI pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Garut ditinjau berdasarkan tujuan, prinsip, metode dan evaluasi serta proses pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran PAI di MIN 2 Garut dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tahapan procedural, normative dan substantifnya.  Efektivitas pembelajaran PAI dengan memperhatikan aspek-aspek pembelajarannya tersebut membuat pembelajaran lebih efektif serta subjek materi menjadi lebih dipahami oleh peserta didik, karena materi dari bahan ajar mudah dicerna serta dipraktikkan oleh peserta didik, sehingga nilai-nilai ajaran Islam pada mata pelajaran PAI dapat terinternalisasikan

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Ahmadi. A dan Prasetyo. J, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 2005).

Abdul Majid & D. Andayani. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004). Rosdakarya.

Bahri Djamarah. S. (2000). Guru Dan Anakdidik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Budiman. M. Nasir, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur‟an, (Jakarta: Madani Press, 2011).

Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran:Landasan Dan Aplikasinya. Rineka Cipta.

Barlian. I, Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru?, (Jurnal Forum Sosial, Vol. VI No. 1, Februari 2013).

Darajat. Z (2008). Ilmu Pendidikan Islam (Vii). Bumi Aksara.

David A. Jacobsen, Paul Eggen, Donald Kauchak, Methods for Teaching: Metode- metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Peserta didik TK-SMA, ter. Achmad Fawaid dan Khoirul Anam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Eka S. G, Implementasi Pembelajaran PAI di SDIT Bhaskara Sukamelang. Subang. (Jurnal Tarbawi Vol.1 No.1 Maret 2012).

Ginting. A. (2008). Esensi Praktis Belajar Dan Pembelajaran. Humaniora.

Gunadi. A, Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Dengan Model Contect Input Process Product, (Jurnal UMJ Volume 2 Nomor 2 Mei-Juli 2014).

Manab. A (2015). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Di Madrasah: Pemetaan Pengajaran. Kalimedia.

Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Citra Media.

Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar (16th Ed.). Bumi Aksara.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 2011).

Riyanto. Y, Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. (Jakarta: Kencana, 2010).

Saputra, W., Tasya, A. Y., & Andrean, J. (2015). Pembiayaan Pendidikan Indonesia: Menuju Millineum Development Goals (Mdgs) 2015. Pkmi-2-1-1saputra, W., Tasya, Ay, & Andrean, J.(2010). Pembiayaan Pendidikan Indonesia: Menuju Millineum Development Goals (Mdgs), 1–12.

Saputra. A, Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI, (Jurnal At-Ta’dib Volume VI, No. 1, April-September 2014).

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers, Cet. Ke-3, 2013).

Tim penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka.1990).

Triwiyanto. T, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015).

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Jakarta: Kencana, 2010).

Undang-Undang Sisdiknas. (2010).

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran:landasan dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).

Dokumen:

Dokumen Profil dan Kurikulum MIN 2 Garut. 2019

Website:

http://andrisamsul.blogspot.com/2014/06/inovasi-pembelajaran-pendidikan

agama.html. Diakses pada 27 Juni 2020. 23.10 WIB.

http: Direktori FIP/JUR/administrasi pendidikan/udin saefudin saud/ http://journal424.wordpress.com/2013/02/10/dasar-yuridis-pendidikan-dasar-dan-implikasinya-dalam-kebijakan-pemerintah/ Diakses pada 27 Juni 2020. 23.10 WIB.

http://stitattaqwa.blogspot.com/2011/06/sejarah-pendidikan-Islam- di-indonesia.html

(http://stitattaqwa.blogspot.com/2011/06/sejarah-pendidikan-Islam-di-indonesia.html)




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v1i1.1663

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Supported by:


Tools:

  


ISSN/E-SSN



Pengunjung

View My Stats

Jurnal Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: journalonlineuniga@gmail.com

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Download Template: