INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM PADA ANAK USIA DINI

Nenden Munawaroh, Ijudin -

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di masyarakat, bahwa dalam mendidik dan membina anak-anaknya hanya mementingkan aspek kognitif atau intelektual ketimbang aspek afektif atau karakter Islam, padahal anak usia dini merupakan masa golden age, masa yang sangat tepat untuk menanamkan nilai-nilai karakter Islam. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi penanaman nilai-nilai karakter Islam pada anak usia dini di TK Persis Tarogong Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metede kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi di lapangan. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Program karakter yang dikembangkan di TK Persis Tarogong Garut dalam pengembangannya meliputi: Mahabbah, Mujahadah, Ta’awun, Amanah, Tawadlu. Kedua, Pelaksanaan penanaman karakter Islam di TK Persis di lakukan dalam pengajaran, pembiasaan, ketauladanan, pemotivasian, dan penegakan aturan yang jelas. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat diantaranya faktor pendukung:(1) Kelengkapan sarana dan prasarana serta fasilitas sekolah yang cukup memadai atau refresentatif .(2) Tersedianya program pembelajaran khas sekolah terutama program pengembangan karakter Islam. (3) Memilikinya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki syarat kualifikasi dan kompetensi. Sedangkan Faktor Penghambat: (1) program pengembangan karakter belum disosialisasikan dan diintegrasikan dalam kurikulum dinas pendidikan. (2)Sifat pribadi peserta didik yang berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda juga mempengaruhi keefektifan dalam penanaman karakter Islam. (3) Sosialisasi Penanaman karakter Islam disekolah tidak secara kontinyu di informasikan kepada orang tua siswa. Keempat, Impikasi atau dampaknya : (1) terjaminnya pelaksanaan fungsi sistem pendidikan di sekolah, yaitu transmisi dan transfer ilmu pengetahuan Islam, penanaman karakter Islam, dan pencapaian kader-kader Generasi muda yang Islami. (2) merupakan strategi yang ditempuh oleh pengelola untuk menanamkan nilai-nilai karakter Islam sejak dini.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Akhmad Rifai, 1996, Persfektif dan Pebanguna Ilmu dan Teknologi, PT Gramedia, Jakarta

Anton M. Moeliono, 1998, Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. Kelima, Balai Pustaka: Jakarta.

Al-Tarbiyah al-Abna, 2003, Kairo: Dar al-Tauzi’ wa al-Nar.

Al-Raghib al-Ashfahani, Mu’jam Mufradaat Alfazh Al-Qur’an Al-Karim

Arief Rahman, 2002. Redaksi. Sistem Pendidikan di Indonesia, Media Indonesia, Jakarta.

Elizabeth Harlock, 1981. Pendidikan Perkembangan anak, Jilid II

Fuhaim Musthafa, Manhaj at-Thifi a-Muslim; Dalil al-Mu’alimin wa al-Aba ilaa Al-Tarbiyah al-Abna, 2003, Kairo: Dar al-Tauzi’ wa al-Nar

http://air hujan-multiply.com/reviews/item/5

Hopidin, 1999, Model-model Pendidikan Anak Usia Dini, Ghiyats Alfian Press: Jakarta.

Lickona, T. 1992, Educating for Character, How Ours Schools Can Teach Respect and Responsibility, Bantam Books, New York.

Moh. Nazir, 2005, Metode Penelitian: Ghalia Indonesia, Bogor Selatan.

Muhammad al-Ghazali, Ihya ‘Ulum al-Din, Jilid III, op cit, hlm. 202

Muhammad ‘Athiyyah, Al-Qamus Al-Islamiah, (Al-Qahirah: Maktabat al-Nadhat al-Mishriyyat, tt), Mujallad 4

Muhammad bin Yakub al-Fairuz Abadi, al-Qamus al-Muhith, tt. hlm. 417. Muhammad bin Mukrim bin Manzhur al-Afriqi, al-Misri, Lisan al-‘Arab, Mujallad 3

Nasution, 1988, Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Ratna Megawangi, 2004 Pendidikan Karakter Solusi yang tepat untuk Membangun Bangsa, Star Energy :2004)

Solehuddin, 1997, Konsep Dasar Pendidikan Aanak Prasekolah, FIP IKIP : Bandung

Thomas Lickona dalam Megawangi, 2003, Pendidikan karakter...Zakiah Darajat, 2001. Menumbuhkan Minat Beragama dan Pembinaan Akhlak pada Anak Balita, dalam Rama Furqan, Bunga Rampai, Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja, Logos, Jakarta.

Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Rhaudhotul Atfhal, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Management Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. 2006.

Undang-undang, No 20 Tahun 2003, Penjelasan tentang UUSPN, Bab VI pasal 20 ayat 1 dan 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v12i1.818

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.