TINGKAT DENSITAS POPULASI BOBOT DAN PANJANG MAGGOT Black Soldier Fly (Hermetia illucens) DENGAN PEMBERIAN PAKAN BERBEDA

Azharika ;, Titin Nurhayatin, Ervi Herawati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pakan berbeda terhadap densitas populasi, bobot dan panjang maggot Black Soldier Fly (Hermetia Illucens). Metode yang digunakan adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan lima ulangan, sehingga jumlah sampel sebanyak 20 biopond dengan bobot maggot 1 gram/biopond. Perlakuan yang di gunakan adalah pakan yang diberikan yaitu P1 : Kotoran Ayam Petelur, P2 : Limbah Organik Pasar, P3 : Ampas Tahu dan P4 : Campuran Ketiga Perlakuan. Variabel yang diamati terdiri dari tingkat densitas, bobot dan panjang. Hasil penelitian menunjukkan  pemberian pakan berbeda memberikan pengaruh terhadap tingkat densitas, obot dan panjang pada maggot Hermetia illucens.  Pemberian campuran pakan dengan (Kotoran ayam petelur, Limbah Pasar Organik, dan Ampas tahu) memberikan pengaruh optimal terhadap tingkat densitas populasi maggot (0.168 cm3), bobot (697 gram), dan panjang (23,23 mm)  pada maggot Hermetia illucens.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif R, Agus P. 2017. Studi Laju Umpan Pada Proses Biokonversi Limbah Pengelolahan Tuna Menggunakan Larva Hermetia illucens.Jurnal JPB Kelautan dan Perikanan. 12(2) : 179-192

Bos Bosch G, Zhang S, Dennis GABO, Wouter HH. 2014. Protein quality of Iinsects as potential ingredients for dog and cat foods. J Nutr Sci. 3:1-4.

Direktorat Gizi Departernen Kesehatan R. I. 1981. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhratara Karya Aksara, Jakarta.

Fahmi MR, Hem S, Subamia IW. 2007. Potensi Maggot Sebagai Salah Satu Sumber Protein Pakan Ikan. dalam: Dukungan Teknologi Untuk Meningkatkan Produk Pangan Hewan dalam Rangka Pemenuhan Gizi Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Hari Pangan Sedunia XXVII. Bogor. 125-130.

Fatmasari, L. 2017. Tingkat desitas populasi, bobot dan panjang maggot (Hermetia illucens) pada media yang berbeda. Skripsi. Universitas Islam Negri Raden Intan Bandar Lampung.

Prama H, Sri NR, Erlangga. 2015 Tingkat Densitas Populasi Maggot Pada Media Yang Berbeda. Jurnal berkala perikanan trubuk. 2015. Vol. 43 No. 23 : 14-24.

Pranata, A., 2010. Laju Pertumbuhan Populasi Branchioumus plicatilis Pada Media Pupuk Urea dan pupuk TSP. Serta Penambahan Beberapa Bahan Organik Lain.Skripsi. Universitas Sumatra Utara. Medan

Suprapti, M. L. 2005. Pembuatan Tahu. Kanisius: Yogyakarta

Uren, I. S. 2014. Ragam jenis lalat pada peternakan ayam petelur. Skripsi. IPB. Bogor. 20 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v6i1.1500

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.