Penaksiran Cadangan Dana pada Asuransi Kendaraan Bermotor Melalui Pendekatan Bayesian; Model Banyaknya Klaim: Poisson-Gamma dan Model Ganti Rugi: Lognormal-Inversχ^2-Normal

Irfan Rizki Gumilar

Abstrak


Dalam pasar asuransi kendaraan bermotor, perusahaan asuransi perlu mengetahui perkiraan dari banyaknya klaim dan nilai ganti ruginya yang akan mereka hadapi di periode polis berikutnya, serta perlu menaksir agregat payment-nya. Pada penelitian ini, kita memandang portofolio secara keseluruhan. Perhatian tidak pada pemegang polis/tertanggung secara terpisah, tetapi pada total klaim dari seluruh tertanggung yang dengannya perusahaan asuransi harus membayar klaim-klaim yang terjadi. Perusahaan asuransi perlu menetapkan sejumlah cadangan dana untuk memenuhi kewajibannya berupa pembayaran klaim kepada para tertanggung. Paper ini mengusulkan pendekatan Bayesian dalam menaksir cadangan dana yang memadai. Taksiran cadangan dana diperoleh dari persentil-persentil distribusi agregat payment. Teknik simulasi Monte Carlo digunakan untuk menaksir distribusi agregat payment.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jme@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015