Orientasi Kewirausahaan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Perkembangan Usaha (Studi pada Industri Kecil Bidang Agro dan Hasil Hutan di Kabupaten Garut)

Husni Muharam

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi suatu pandangan bahwa perkembangan usaha merupakan faktor penting bagi perusahaan agar dapat bertahan dalam persaingan usaha yang ketat. Perkembangan usaha dapat diperoleh jika perusahaan dapat meningkatkan orientasi kewirausahaan dan memahami karakteristik perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan karakteristik perusahaan terhadap perkembangan usaha pada Industri Kecil dan Menengah Bidang Agro yang memiliki Tanda Daftar Industri di Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan persepsi responden terhadap variabel Orientasi Kewirausahaan, Karakteristik Perusahaan dan Perkembangan Usaha. Penelitian verifikatif digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Orientasi Kewirausahaan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Perkembangan Usaha. Survey ini melibatkan 81 IKM Bidang Agro yang memiliki Tanda Daftar Industri. Teknik pengambilan sampel melalui simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner dan survey. Analisis data yang digunakan dengan pendekatan statistik Partial Least Square (PLS). Hasil menunjukkan bahwa dari ketiga variabel penelitian secara deskriptif seluruhnya menunjukkan kriteria cukup tinggi. Pengaruh orientasi kewirausahaan dan karakteristik perusahaan terhadap perkembangan usaha, menunjukkan pengaruh yang positif signifikan.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Referensi


Algifari. (2003). Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Andiningtyas, I., & Nugroho, R. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Perusahaan Kecil. Jurnal Manajemen Indonesia. Vol. 14 - No. 1, 10-22.

Avisena, M. (2015, 1 3). Retrieved from https://ekonomi.bisnis.com/read/20151022/99/484936/kemendag-revisi-ketentuan-svlk-produk-kayu

Eggers, F., Kraus, S., Hughes, M., Laraway, S., & Snycerski, S. (2013). Implications of customer and entrepreneurial orientations for SME growth. Management Decision, 51 (3)., 524-546. Online: https://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/00251741311309643

Fatimah, N. (2016, 1 3). Retrieved from http://repository.its.ac.id/2649/

Fatimah, N., Wessiani, N., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis Faktor-Faktor Keberhasilan Penerapan Budaya Kaizen pada Perusahaan Manufaktur . JURNAL SAINS DAN SENI ITS , D-47. Onlie: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/21566/0

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, R. F., & Anggriawan, V. (2015, 1 3). Retrieved from https://www.jitunews.com/read/25782/kemendag-permudah-izin-ekspor-kayu-dan-produk-kayu

Hisrich, R., Peters, M., & Shepherd, D. (2012). Entrepreneurship. New York: McGraw-Hill Education; 9 edition.

Kurniawan, H. D., & Sugianto, R. (2015, 12 4). Retrieved from http://www.juliwi.com/published/E0205/PITIWI2-16.pdf

Lyashenko, V. (2014, 1 3). Retrieved from https://www.researchgate.net/post/What_do_we_mean_by_Entrepreneurship2

Mulyadi. (2014, 1 3). Retrieved from http://repository.upi.edu/11251/4/S_PEK_0901184_Chapter1.pdf

Nauli, R. S. (2010, 1 3). Retrieved from http://www.juliwi.com/published/E0205/PITIWI2-16.pdf

Okura. (2009). Firm Characteristics and Access to Bank Loans: An Empirical Analysis of Manufacturing SMEs in China. International Journal of Business and Management Science, 165-186.

Pranoto, S. (2017, 1 3). Retrieved from repository.ipb.ac.id: https://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/13798/F08spr.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Primiana, I. (2009). Menggerakan Sektor Riil UKM dan Industri. Bandung: Alfabeta.

Purnama, C., & Suyanto. (2010, 1 3). Retrieved from http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/download/18175/18060

Purnama, C., & Suyanto. (2010). Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Kecil (Studi Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 177-184.

Rachmawati, S., Suresman, E., & Anwar, S. (2016). KORELASI RELIGIUSITAS DENGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 . TARBAWY , 175. Online: http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/download/4521/3145

Rahayu, D. (2012, 1 4). Retrieved from http://repository.upi.edu/10106/: http://repository.upi.edu/id/eprint/10106

Sakti. (2014, 2 3). Retrieved from digilib.uinsby.ac.id/527/: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/527

Saragih, F., & Surikayanti. (2015, 1 3). Retrieved from http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/12.%20Fitriani%20Saragih%2C%20Surikayanti%20%28hal%20452-461%29_0.pdf

Setiawan, B. R., & Susanto, H. (2017, 1 3). Retrieved from https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/download/609/533

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryana, Y. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Suryana, Y. (2013). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: SALEMBA EMPAT.

Tobing, F. (2017, 1 3). Retrieved from http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/artikel-tesis-fitriani-tobing.pdf

Wijaya, T. (2007). Hubungan Adversity Intelligence dengan Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 117-127.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jme@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015