Identifikasi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia pada Usaha Menengah (Studi pada CV Kota Agung)

Febiani Sofie

Abstrak


Perekonomian Indonesia didominasi oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). UMKM mempunyai peran yang sangat penting karena dapat menyerap tenaga kerja dan juga menyumbang PDB (Produk Domestik Bruto). CV. Kota Agung merupakan salah satu UMKM yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Perusahaan ini juga berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan dengan menjadi pelopor penanaman pohon di Indonesia. Namun, perusahaan ini mengalami permasalahan pada pengelolaan sumber daya manusia yang mendesak untuk segera ditangani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajerial dan operasional yang terdapat dalam manajemen sumber daya manusia yang diterapkan di CV. Kota Agung. Selain itu, dalam penelitian ini memiliki tujuan lain untuk mengetahui fungsi-fungsi mana saja yang harus diperbaiki. Pada penelitian ini dilakukan wawancara dengan direktur, wakil direktur, dan kepala cabang CV. Kota Agung untuk mengumpulkan data yang diperlukan dan menggunakan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Kota Agung belum menerapkan fungsi manajerial manajemen sumber daya manusia secara menyeluruh. Perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian belum diterapkan dengan baik. Selain itu, CV. Kota Agung juga belum menerapkan fungsi operasional dalam manajemen sumber daya manusia secara menyeluruh. Pengadaan, pengembangan, kompensasi, pemeliharaan dan pemberhentian belum diterapkan dengan baik.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Referensi


ADBInstitute. (2015). SMEs Internationalization and Finance in Asia. [online]. https://www.imf.org/external/np/seminars/eng/2015/jica2015/pdf/1-B1.pdf

Azis, A., dan Azis, M. (2015). Bisnis dan Aplikasi. Jakarta: Mardika Group.

BPS. (2017). Tabel Perkembangan UMKM pada Periode 1997-2013. [online]. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1322.

BPS. (2016). Jumlah Usaha/Perusahaan Menurut Kategori Lapangan Usaha dan Tempat Usaha. [online]. http://se2016.bps.go.id/Lanjutan/index.php/site/tabel?tid=1&wid=0.

Hamzah, F. Interview. (2017). “Interview of CV. Kota Agung”. Karawang.

Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munawar, I. Interview. (2017). “Interview of CV. Kota Agung”. Karawang.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Wiludjeng, S. (2007). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zainal, V.R., Ramly, M., Mutis, T., dan Arafah, Wi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/download/5093/4138


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jme@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015