Pentingnya Estetika terhadap Niat Pembelian Smartphone di Indonesia

Authors

  • Frandika Herbawan Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.52434/jwe.v17i3.375

Abstract

Saat ini smartphone merupakan suatu hal yang penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, dengan jumlah masyarakat Indonesia yang tidak sedikit, merupakan segmen pasar yang menggiurkan bagi industri smartphone. Persaingan industri smartphone secara global maupun di Indonesia sendiri sangatlah ketat, sehingga hal – hal yang di perhatikan oleh target pasar harus di perhatikan juga oleh industri smartphone itu sendiri agar dapat unggul dalam persaingan. Estetika merupakan salah satu nilai yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihan produk smartphone, tidak hanya itu nilai estetika sendiri telah bisa mewakili nilai fungsional, nilai sosial, dan nilai emosional bagi masyarakat Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal. Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 385 masyrakat Indonesia yang memiliki produk smartphone dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dari 54 pertanyaan yang diajukan kemudian diolah dengan teknik analisis data SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hubungan langsung estetika terhadap niat pembelian, estetika terhadap nilai fungsional, estetika terhadap nilai sosial, estetika terhadap nilai sosial, nilai fungsional terhadap niat pembelian dan nilai emosional terhadap niat pembelian. Penelitian ini juga menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hubungan tidak langsung antara estetika terhadap niat pembelian jika nilai fungsional dan nilai sosial menjadi mediatornya.

References

Abdillah, W., dan Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (Edisi pertama). Yogyakarta: ANDI.

Aritanti, D. S. (2015). Ini 3 Fitur yang Paling Dicari dari Smartphone. [online]. http://gadget.bisnis.com/read/20151104/280/488950/ini-3-fitur-yang-paling-dicari-dari-smartphone. [25 September 2017].

Dolcourt, J. (2014). Why smartphone design matters (Smartphones Unlocked). [online]. https://www.cnet.com/news/why-smartphone-design-matters-smartphones-unlocked/. [26 September 2017].

Ginting, N. F. H. (2011). Manajemen Pemasaran (cetakan pertama). Bandung: CV Yrama Widya.

Ghozali, I. (2014). Stuctural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) (Edisi 4). Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hair. J.F., et al. (2008). Marketing Research. North Ryde: Mcgraw Hill Australia

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E., and Tatham, R.L., (2006). Multivariate Data Analysis 6th edition.. New Jersey: Pearson Education.

Hartono, J. (2008), “Metode Penelitian Sistem Informasiâ€, Penerbit Andi: Yogyakarta.

Jakpat. (2017). Indonesia Mobile Habit Q1 2017. [online]. http://jakpat.net/. [19 Oktober 2017].

Kata Data. (2015). Indonesia, Raksasa Teknologi Digital Asia. [online]. http://katadata.co.id/opini/2015/09/29/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia. [25 September 2017].

Kotler, P., Keller, dan Lane, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. (Edisi Ke-13). Jakarta: Erlangga.

Olesen, J. (2017). Most Popular Cell Phone Color And What Does Your Cell Phone Color Say About You?. [online]. https://www.color-meanings.com/most-popular-cell-phone-color-and-what-does-your-cell-phone-color-say-about-you/. [26 September 2017].

Risman, F. dan Dewi, C. K. (2017). e-Proceeding of Management : Vol.4, No.2. Didapatkan dari ISSN.

Salisbury, W.D., Chin, W.W., Gopal, A., dan Newsted, P.R., (2002). “Research Report: Better Theory Through Measurement Developing A Scale to Capture Consensus on Appropriationâ€. Information Systems Research, 13(1), 91–103.

Santoso, S. (2014). Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 22 (Cetakan pertama). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sarwono, J., dan Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM) (Edisi pertama). Yogyakarta: ANDI.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial (Cetakan pertama). Bandung: PT Refika Aditama.

Statista. (2018). Global Market Share Held by Leading Smartphone Vendors From 4th Quarter 2009 to 3rd Quarter 2017. [online]. https://www.statista.com/statistics/271496/global-market-share-held-by-smartphone-vendors-since-4th-quarter-2009/. [16 Januari 2018].

Statista. (2018). Vendors' Market Share of Smartphone Shipments in Indonesia from 2014 to 2017*. [online]. https://www.statista.com/statistics/516302/indonesia-smartphone-shipments-vendor-market-share/ [16 Januari 2018].

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (cetakan ke-15). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Cetakan ke-2). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran (cetakan pertama). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Toufani, S., Stanton, J. P., dan Chikweche, T. (2017). The Importance of aesthetics on customers’ intentions to purchase smartphones. Marketing Intelligence & Planning Vol. 35 (3), 316-338. Didapatkan dari Emerald Publishing.

Tsai, J. P. dan Ho, C. F. (2013). Does design matter? Affordance perspective on smartphone usage. Industrial Management & Data Systems Vol. 113 No. 9, 1248-1269. Didapakan dari Emerald Publishing.

Published

2018-07-25

Issue

Section

Jurnal Wacana Ekonomi