Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan Program Pasar Sejahtera di Daerah Pekalongan terhadap Citra Perusahaan

Dwi Harni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap citra perusahaan PT Bank Danamon Indonesia,Tbk. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat kota Pekalongan, Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non-probability Sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Responden tersebut merupakan para pedagang di pasar Grogolan kota Pekalongan yang merasakan dampak dari CSR Bank Danamon. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis deskriptif untuk menjelaskan hasil penelitian. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada para pedagang pasar Grogolan dengan total dua puluh enam butir pernyataan. Pada kuesioner ini menggunakan skala likert lima titik. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap citra perusahaan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. Artinya, ketika suatu kegiatan CSR yang jalankan oleh suatu perusahaan dengan baik maka akan memberikan citra perusahaan yang baik pula. Program CSR yang dijalankan dengan baik oleh perusahaan tidak hanya memberikan manfaat untuk masyaratak dan lingkungan akan tetapi juga akan memberikan manfaat bagi perusahaan yang melaksanakannya pula.

References


Alhaddi, Hanan. (2015). Triple Bottom Line and Sustainability: A Literature Review – Business and Management Studies. Vol.1 No.2, 6-10.

Aryawan, Made., Rahyuda, I Ketut., dan Ekawati , Ni Wayan. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial,Ekonomi,dan Lingkungan) Terhadap Citra Perusahaan – E-Jurnal Manajemen Unud. Vol.6 No.2, 604-633.

Audrinazta, Achmad dan Budiastuti, Dyah. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsbility Terhadap Purchase Intention Dengan Corporate Image Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus: PT. Phapros,Tbk. 1-14).

Bahadur, Waseem dan Waqqas, Omar. (2013). Corporate Social Responsibility for a Sustainable Business – Journal of Sustainable Society. Vol.2 No.4, 92-97.

Cooper, D. R., & Schindler, P.S. (2014). Business Research Methods,

Twelfth Edition. New York: McGraw-Hill.

Fathurrokhman, Susilo. (2015, 20 Agustus). Pasar Tradisional di Tengah Gempuran Modernisasi. Redaksi. [Online]. Tersedia : http://beritaunsoed.com/opini/pasar-tradisional-di-tengah-gempuran-modernisasi-2/. [23 Maret 2017].

Fitriani, Putri. (2012). Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan (Studi Pada Beasiswa Unggulan CIMB Niaga 2011). Depok: Skripsi Universitas Indonesia.

Forum Inovasi Pasar Rakyat. (2017). Bank Sampah Sejahtera di Pasar Grogolan. [Online]. Tersedia : http://inovasipasarrakyat.or.id/inovasi-pasar-rakyat/bank-sampah-sejahtera-di-pasar-grogolan/. [15 September 2017].

Hukum Online. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2017 Tentang Perseroan Terbatas.[Online].http://eodb.ekon.go.id/download/peraturan/undangundang/UU_40_2007.PDF . [27 Januari 2018].

Iswanto, Heri., DH,Achmad Fauzi., dan Imam Suyadi. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Citra (Survei pada Warga RW 2, Kelurahan Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya yang Tinggal di Sekitar PT Vitapharm) – Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 13 No.1,1-7.

Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0) (Cetakan Pertama). Bandung: Alfabeta.

Mandina, Siphiwe P., Maravire, Christine., dan Masere, Victoria S. (2014). EFFECTIVENESS OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY IN ENCHANCING COMPANY IMAGE - European Journal of Business and Management. Vol. 6 No.5, 46-61.

Mardikanto, Totok.(2014). Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Bandung : Alfabeta.

Muhadjir, dan Qurani,Gita Fitri. (2011). Pengaruh Penerspan Corporate Social Responsibility Terhadap Persepsi Nasabah Bank dan Dampaknya Terhadap Corporate Image – Journal The Winners. Vol.12 No.2, 180-195.

Neolaka, Amos. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Pasaribu, Z. (2015). Pengaruh Media Internal Portal PT. Dirgantara Indonesia Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Sosioteknologi. Vol.14 No.1.

Riduwan., & Kuncoro, E. A. (2014). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jurnal) (Cetakan Keenam). Bandung: Alfabeta.

Riley, Jim. (10 Februari 2017). Elkington's Triple Bottom Line (CSR). [Online]. Tersedia:https://www.tutor2u.net/business/reference/csr-elkingtons-triple-bottom-line . [15 September 2017].

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif (Cetakan Keempat). Bandung: PT Refika Aditama.

Situs Resmi Bank Danamon. Informasi Umum, Tonggak Sejarah. [Online]. Tersedia : http://www.danamon.co.id/Home/AboutDanamon/CorporateInformation/Milestones/tabid/249/language/id-ID/Default.aspx. [18 SePTember 2017].

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian (Cetakan Pertama). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ulum, Bahrul., Arifin, Zainul., dan Fanani, Dahlan . (2014). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA (Survei pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending-Probolinggo) – Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8 No.1, 1-8.

Untung, Budi. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta : Penerbita Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v17i3.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015