Pengaruh Etika Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Pengetahuan Wajib Pajak sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Garut)

muslim alkausar

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etika Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Pengetahuan Wajib Pajak sebagai Variabel Moderating di KPP Pratama Garut. Ukuran sampel dari 81.604 Wajib Pajak pada tahun 2017 sebagai populasi yang ditentukam dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan karakteristik responden, yaitu: Jenis Kelamin, Umur, Pendidikan Terakhir, Jenis Pekerjaan, dan Pendapatan. Metode analisis data adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi moderasi. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier sederhana menunjukkan bahwa etika wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan pada kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Garut. Sedangkan, berdasarkan hasil perhitungan regresi moderasi menunjukkan hasil bahwa pengetahuan wajib pajak dapat memoderasi pengaruh etika wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Garut.

Teks Lengkap:

COVER DOWNLOAD (PDF) LOA

Referensi


Bertens, K. (2013). Etika (Edisi Revisi). Jakarta: Kanisius.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo. (2013). Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Mohammed, R., dan Bungin, B. (2014). Audit Komunikasi: Pendekatan dan Metode Asesmen Sistem Informasi Komunikasi dalam Organisasi. Jakarta: Predanamedia Group.

Naki, R. (2013). Pengaruh Pengetahuan tentang Peraturan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas di Kota Gorontalo (Studi Kasus pada KPP Pratama Gorontalo). Jurnal Akuntansi.

Prayuda, I.G., dan Jati, I.K. (2016). Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. Jurnal Akuntansi 15 (2).

Putra, A.F. (2017). Pengaruh Etika, Sanksi Pajak, Modernisasi Sistem, Dan Transparansi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak. Jurnal Akuntansi Indonesia 6 (1) : 1-12.

Rahayu, S.K. (2010). Perpajakan-Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahayu, S.K (2013). Perpajakan Indonesia: Konsep & Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiraada, T.A.M. (2013). Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan WPOP Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1 (3) : 999-1008.

Wangsa, S. (2012). Modul Pelatihan Pajak Terapan Brevet C. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Yosephus, L. S. (2010). Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jme@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015