Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan pada PD. BPR Garut

Cecep Hamzah

Abstrak


Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan pada PD. BPR Garut”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intellectual capital dan kinerja keuangan pada PD. BPR Garut periode 2012 sampai dengan 2015. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dan penelitian dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Intellectual Capital berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA), dimana Intellectual Capital pada PD. BPR Garut secara keseluruhan dari periode 2012 sampai dengan 2015 mengalami peningkatan dan tergolong dalam kategori Top Performance, artinya sumber daya manusia, infrastruktur dan hubungan bisnis sudah sangat baik dan memadai. Kinerja keuangan (ROA) PD. BPR Garut secara keseluruhan dari periode 2012 samapai dengan 2015 mengalami (fluktuasi) yaitu adanya kenaikan dan penurunan dan lebih cenderung meningkat pada setiap triwulannya, dan tergolong dalam predikat kesehatan bank Indonesia dalam kategori cukup sehat.

Teks Lengkap:

COVER DOWNLOAD (PDF) LOA

Referensi


Abidin (2011). “Upaya Mengembangkan Ukuran-ukuran Baru”. Media Akuntansi, Edisi 7, Tahun VIII, pp 46-47.

Brigham dan Houston. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi IV. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Chen, et all. (2005). “An empirical empirical investigation of the ralationship between intellectual capital and firms’ market value and financial performance”. Journal of Intellectual Capital. Vol. 6 No. 2. pp 159-176.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan, Edisi II. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

Edvinson, L. And Malone M. (1997). Intellectual Capital: Realizing Your Company’s True Value by Vinding Its Hidden Brainpower. Harper Collins, New York.

Fahmi, I. (2014). Analisis Kinerja Keuangan, Cetakan ketiga. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Fikriyantie, D. (2014). “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan (ROE) Dan Implikasinya Pada Nilai Perusahaan”.

Harahap, S. S. (2007). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Ke-6. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia (2002). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.19, Salemba Empat. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jme@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015