Pengaruh Gender dan Usia terhadap Aktualisasi Diri dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi pada Karyawan UMKM Kerajinan Kulit Kabupaten Garut

Deri Alan Kurniawan, Deden Firman Syuyaman Rukma

Abstract


Pengujian antara pengaruh usia terhadap aktualisasi diri pada karyawan Usaha UMKM Kerajinan Kulit Garut dilakukan pada penelitian ini, dimana variabel moderasi digunakan pada lingkungan kerja. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah karyawan UMKM Kerajinan Kulit Garut dengan sampel berjumlah 96 orang. Dari data yang fundamental hingga data minor digunakan pada penelitian ini. dari penelitian dan pengujian menunjukan bahwa gender dan usia memiliki pengaruh yang positif dan signifikan bagi aktualisasi diri, penyebab perubahan penting dalam mengaktualisasikan diri adalah dari lingkup kerja. Moderasi pada lingkup tersebut dapat memperkuat pengaruh usia terhadap aktualisasi diri, namun memperlemah pengaruh gender terhadap aktualisasi diri. R-Square yang didapat nilai sebesar 0,870, menunjukkan kaitan antara variabel gender, usia, dan lingkungan kerja terhadap aktualisasi diri sangat kuat dan memberikan kontribusi sebesar 87,0%. Adanya hasil yang signifikan ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan UMKM Kerajinan Kulit Garut.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v22i2.2559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015