Pengaruh Customer Satisfaction terhadap Revisit Intention dan Dampaknya pada Electronic Word Of Mouth (E-Wom) di Wisata Situ Bagendit

Soviyan Munawar, Rahyuniati Setiawan, Ranti Silviyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh Customer Satisfaction terhadap Revisit Intention dan dampaknya pada e-WOM  di Wisata Situ Bagendit. Penelitian ini dilakukan terhadap wisatawan yang pernah berkunjung ke objek destinasi Garut, dimana 100 wisatawan yang dijadikan responden. Dengan menggunakan metode kuantitatif, metode survei yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner secara daring maupun langsung. Selanjutnya para responden diberikan beberapa pernyataan, kemudian data yang dikumpulkan diolah dengan metode analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dan di bantu software SPSS. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki berbagai hal yang dapat meningkatkan customer satisfaction agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung kembali pada tempat wisata Situ Bagendit. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh customer satisfaction terhadap revisit intention, pengaruh customer satisfaction terhadap e-WOM,dan pengaruh e-WOM terhadap revisit intention  di Situ Bagendit diperoleh keputusan adalah H0 ditolak berarti koefisien jalur signifikan. Jadi customer satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap revisit intention pada objek wisata Situ Bagendit, customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap e-WOM pada objek wisata Situ Bagendit dan e-WOM berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pada objek wisata Situ Bagendit. Didapat hasil juga bahwa Customer Satisfaction mempengaruhi Revisit Intention dan berdampak pada e-WOM  di Wisata Situ Bagendit. Hasil ini diperoleh dari pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung dan pengaruh total dari Customer Satisfaction pada Revisit Intention dan e-WOM.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v22i2.2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015