Aspek Permodalan, Kualitas Aset, Manajemen, Efisiensi, Likuiditas dan Sensitivitas Risiko Pasar dalam Menentukan Kinerja Keuangan Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia

Tinneke Hermina, W Wufron

Abstrak


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh aspek permodalan, kualitas aset, aspek manajemen, efisiensi, likuiditas dan sensitivitas atas risiko bank terhadap kinerja keuangan. aspek permodalan diukur dengan capital adecuacy ratio, kualitas aset diukur dengan net performing loan, aspek manajemen diukur dengan net profit margin, efisiensi diukur dengan net interest margin, likuiditas diukur dengan loan to deposit ratio, sensitivitas atas risiko bank diukur dengan market risk, sedangkan kinerja keuangan diukur dengan return on assets. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan-perusahaan perbankan yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016. Data yang digunakan adalah data cross section. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa aspek permodalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, kualitas aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, aspek manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, efisiensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan dan sensitivitas atas risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jme@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015