Pengaruh Orang Tua terhadap Financial Attitude dan Financial Behavior serta Implikasinya pada Financial Decision Sebuah Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM)

Irfan Rizki Gumilar, Fitri Syakinah

Abstract


Keterampilan bagaimana mengelola keuangan pribadi yang baik berpengaruh sangat besar terhadap kebebasan finansial. Mahasiswa harus mulai membentuk kebiasaan-kebiasaan bagaimana mengelola keuangan yang sehat agar kesejahteraan keuangannya terwujud. Penelitian ini dilaksanakan untuk menginvestigasi hubungan kausalitas antara peran orang tua, financial attitude, financial behavior, dan financial decision. Survei dilakukan secara daring pada 200 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Garut. Data kemudian dianalisis menggunakan Structural equation modeling (SEM) dan bantuan alat analisis AMOS 21. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial attitude; financial attitude berpengaruh positif dan signifikan pada financial behavior; serta financial behavior berpengaruh positif dan signifikan pada financial decision. Namun, peran orang tua pengaruhnya kecil terhadap financial behavior dari mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan berguna terkait struktur hubungan antara peran orang tua, financial attitude, financial behavior, dan financial decision pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Garut.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v20i3.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015