Pengaruh Firm Size Dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi

Mochamad Romdhon, Erik Kartiko, Sayyidah Nurjamilah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agresivitas pajak dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan konsolidasi periode 2014 hingga 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji analisis regresi berganda, dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak. Hal ini bertentangan dengan leverage yang tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Pengungkapan Corporate Social Responsibility memperlemah pengaruh ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Dan pengungkapan Corporate Social Responsibility juga memperlemah pengaruh leverage terhadap agresivitas pajak.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v20i2.1143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015