ANALISIS PENDAPATAN GAPOKTAN MEKAR TANI DALAM PENJUALAN BERAS DI DESA SEBERANG TALUK KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Febrianti Febrianti, Elfi Indrawani, Meli Sasmi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan mengetahui sistem penjualan beras, besarnya pendapatan, kelayakan usaha penjualan beras, dan nilai tambah hasil penjualan beras. Penelitian menggunakan metode penelitian survei dimana semua pengurus Gapoktan Mekar Tani dijadikan sebagai responden. Data yang dianalisis dalam penelitian ini terdiri dari sistem penjualan beras, pendapatan, analisis kelayakan usaha penjualan beras (dilihat dari nilai BEP) dan nilai tambah. Hasil penelitian menunjukkan keuntungan rata-rata penjualan beras dengan sistem tradisional sebesar Rp. 29.600.000 per tahun (rata-rata Rp. 2.466.667 per bulan). Keuntungan penjualan beras dengan sistem kemasan (packing) sebesar Rp. 51.415.160 per tahun (rata-rata Rp. 4.284.597 per bulan), dengan rata-rata produksi perbulan sebesar 850 kg. Rasio penjualan beras dengan sistem tradisional sebesar 1,30, sedangkan penjualan beras dengan sistem kemasan (packing) 1,50. Hal ini menunjukkan usaha penjualan beras dengan sistem tradisional maupun sistem kemasan layak atau efisien. BEP produksi penjualan beras dengan sistem tradisional sebesar 652,17 kg dan BEP penerimaan penjualan beras dengan sistem tradisional sebesar Rp. 9.622 per kg. BEP produksi penjualan beras dengan sistem kemasan sebesar 563,86 kg dan BEP penerimaan penjualan beras dengan sistem kemasan sebesar Rp. 9.982 per kg. Nilai tambah hasil penjualan beras dengan sistem tradisonal sebesar Rp. 2.743 per kg, sedangkan sistem kemasan sebesar Rp. 5.027 per kg. Penjualan beras dengan sistem kemasan memiliki nilai tambah yang lebih tinggi dibanding dengan sistem tradisional. Rasio nilai tambah penjualan beras dengan sistem tradisional sebesar 21,94 sedangkan rasio nilai tambah dengan sistem kemasan sebesar 33,51. Dengan demikian rasio nilai tambah ini masuk kategori ≤ 50 persen, yaitu dikategorikan rendah.

Kata Kunci: Pendapatan, Beras, Penjualan

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v1i1.371

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.