Implementasi Kebijakan Pembangunan Desa Dampaknya terhadap Koordinasi UPTD dalam Peningkatan Kinerja Pemerintahan Desa dan Efektivitas Pembangunan Desa

Nanang Rohman

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Implementasi kebijakan pembangunan desa dan Koordinasi UPTD dalam rangka peningkatan Kinerja pemerintahan desa dan efektivitas pembangunan desa di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 107 orang kepala desa di Kabupaten Garut. Agar hasil penelitian lebih akurat, maka untuk populasi kepala desa dilakukan penarikan sample penelitian. Adapun teknik penarikan samping yang digunakan adalah probability sampling. Untuk menentukan besarnya ukuran sample, maka digunakan rumus Yamane, sehingga diperoleh jumlah sample sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari data primer berupa angket dan studi lapangan serta data sekunder berupa studi dokumentasi.
Sementara teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistic dengan model analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis utama diketahui bahwa implementasi kebijakan pembangunan desa berpengaruh terhadap koordinasi UPTD dalam upaya meningkatkan Kinerja pemerintahan desa dan efektivitas pembangunan desa. Sementara hasil pengujian sub hipotesis pengaruh implementasi kebijakan pembangunan desa secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap koordinasi UPTD, sedangkan pengaruh diluar variable implementasi kebijakan pembangunan desa. Sedangkan implementasi kebijakan pembangunan desa secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pemerintahan desa dan efektivitas pembangunan desa.

Kata kunci : Koordinasi; Kinerja Pemerintah; Efektifitas Pembangunan;

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.