Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Garut

Didah Maulidah, Djodjo Sukardjo

Abstrak


Rendahnya kualitas pengelolaan koperasi simpan pinjam yang disebabkan kompetensi pegawai yang belum memadai dalam melakukan pembinaan di Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Garut. Tujuan penelitian ini untuk menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pengelolaan koperasi simpan pinjam di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil menengah Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebarkan kepada 75 responden.
Berdasarkan analisis data menyatakan bahwa tanggapan responden terhadap pelaksanaan kompetensi pegawai rata-rata memilih alternative jawaban kriteria cukup baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap variabel kualitas pengelolaan koperasi rata-rata memilih alternative jawaban kriteria baik. Hasil pengolahan data dengan analisis kuantitatif, koefisien korelasi spearman sebesar 0,8311, t-hitung sebesar 12,7684 serta t-tabel sebesar 1,6660. Hasil pengujian hipotesis yang diajukan diterima, atau terdapat Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam di Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Garut.

Kata Kunci


Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, Burhan. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana

Davis, Peter. 2010. Mengembangkan Keunggulan Koperasi.(Terjemahan Djabaruddin Djohan) Jakarta: Lembaga Studi Pengembangan Perkoperasian Indonesia (Lsp21)

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media

Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Hendrojogi. 2007. Koperasi : Asas-Asas Teori Dan Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Remaja Rosda

Manullang,M. 2012. Dasar Dasar Manajemen. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Maratri, Ayu Nimas. 2015. Pengaruh Kompetensi Lingkungan Kerja Fisik dan Semangat Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magelang. Magelang : Universitas Negeri Semarang.

Rahman, Abdul Shaleh dkk. 2009. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Persefektif Islam (Teori Psikologi Perkembangan)

Riduwan. 2006. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Rudianto. 2015. Akutansi Koperasi. Jakarta: Erlangga

Siegel, Sidney. 1992 Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu Social (Terjemahan Zanzawi Sayuti dan Landung Simatupang). Jakarta : PT. Gramedia

Sinabela, Karyalijan. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Singarimbun dan Efendi.1982. Metode Penelitian Survai. Jakarta : PT . Matahari Bhakti

Sudarmanto. 2014. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana

Taniredja, Tukiran.2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta

Tisnawati dan Saefullah. 2013. Pengantar Manajemen. Jakarta : Kencana

Tjiptono, Fandy. 2009. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi Offset

Wibowo. 2016. Manajemen Kerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Dokumen :

Peraturan Bupati Garut Nomor 61 Tahun 2016 tentang Tugas Pokok, Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 33 Ayat 1 Tentang Perekonomian

Undang Undang No 25 Tahun 1995 Tentang perkoperasian

Dokumen elektronik :

Yanuarizki, Putri. 2016.”Cara mengelola Koperasi Yang Sehat”, http://danausaha.net/cara mengelola-koperasi-yang-sehat.html, diakses pada 08 Februari 2017 pukul 12.30


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.