Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Tiket Kereta Api di Stasiun Bandung

Seruni Retna Yulistiwa Putri Debby, Ikeu Kania

Abstrak


Adanya fenomena rendahnya kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung disinyalir akibat belum optimalnya kinerja pegawai. Tujuan penelitian ini menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penulis mengambil lokasi penelitian di Stasiun Bandung, melibatkan pegawai di bagian pelayanan tiket kereta api Stasiun Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden, dengan menggunakan teknik sensus. Dari hasil analisis data menyatakan bahwa tanggapan responden tentang variabel kinerja pegawai rata-rata memilih alternative jawaban kriteria cukup baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap variabel kualitas pelayanan rata-rata memilih alternative jawaban kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup sinifikan antara kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan tiket kereta api di Stasiun Bandung. Saran dari penulis yaitu adanya pemberian sanksi berupa peringatan dan teguran bagi pegawai yang tidak konsisten dalam waktu bekerja dan penambahan sarana prasarana yang dapat menunjang kualitas pelayanan yang maksimal.

Kata Kunci


Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Tiket Kereta Api

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahmi, Irham. (2013). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Hardiansyah, (2011). Kualitas Pelayanan Publik ;Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Mangkunegara. Anwar Prabu. (2006). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : Alfabeta

Pasolong, Harbani. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Ratminto. Dan Winarsih, Atik Septi. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2006). Dasar-dasar Statistik Edisi Ke Tiga. Bandung : Alfabeta.

Siegel, Sidney. (1992) Statistic Nonparametric Untuk Ilmu-Ilmu Social (Terjemahan Zanzawi Suyuti dan Landung Simatupang). Jakarta : PT. Gramedia

Sinambela. (2012). Kinerja Pegawai. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Tjiptono Fandy. (2011). Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: ANDI

Dokumen-dokumen

Surat Keputusan Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Nomor KEP.C.003/X/17/KA-2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.