Pembangunan Ekonomi Berbasis Potensi Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat: Analisis Pengembangan Ekonomi Kabupaten Ngawi

Alih Aji Nugroho

Abstrak


Artikel ini memotret pengembangan ekonomi di Kabupaten Ngawi yang tidak berdasarkan atas potensi wilayahnya. Idealnya, pengembangan ekonomi dilakukan atas dasar potensi wilayah dan dupayakan untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Hal itu dimaksudkan agar pertumbuhan ekonomi daerah berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat lokal. Penulis menyampaikan analisis kritisnya mengenai pembangunan ekonomi berbasis potensi wilayan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Ngawi.

Kata Kunci: Pembangunan Ekonomi, Potensi Wilayah, Pemberdayaan, Pengembangan Ekonomi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brodjonegoro, Bambang P.S, (2002). Otonomi Daerah dan Peranan Pemerintah dalam Perekonomian, 80 tahun Mohammad Sadli Ekonom Indonesia di Era Politik Baru. PT Kompas Media Nusantara, Jakarta.

Dwiyanto, Agus., Subarsono., Suharyanto,H., Agus M, Subando., Purbokusumo, Yuyun., (1999). Peran Birokrasi Publik Dalam Meningkatakan Daya Saing dan Efisiensi Industri di Indonesia. Laporan Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Effendi, Sofian. (2001). E-Gov untuk Mendukung Good Governance dan Jaringan Kerja Pemerintahan. Makalah Seminar Nasional Forkom Mahasiswa dan Alumni MAP UGM, Yogyakarta.

Friedmann, John. (1992). Empowerment The Politics of Alternative Development. Blackwell Publishers, Cambridge MA & Oxford UK.

Hill, Hall. (1996). Transformasi Ekonomi Indonesia Sejak 1966 Sebuah Studi Kritis dan Komprehensif. PAU (Studi Ekonomi) UGM bekerja sama dengan PT Tiara Wacana, Yogyakarta.

Kartasasmita, Ginandjar. (1996). Pembangunan untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. PT Pustaka CIDESINDO, Jakarta..

Mas’oed, Mohtar. (2001). Ekonomi Politik Pembangunan. Modul Perkuliahan MAP UGM, Yogyakarta.

Mardiasmo. (2004). Otonom dan Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Prawirokusumo, Soeharto. (2001). Ekonomi Rakyat (Konsep, Kebijakan, dan Strategi). BPFE, Yogyakarta.

Soetrisno, Loekman. (1995). Memberdayakan Rakyat dalam Pembangunan Indonesia. Dalam Abimanyu, Anggito, Harsono, Purnawan,M.E, Baswir, Revrisond, dan Handoko, T.H.(ed). Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Rakyat. BPFE, Yogyakarta.

Soegijoko, Budhy Tahjati, Kusbiantoro BS. Bunga Rampai Perencanaan Pembangunan di Indonesia . PT Gramedia Widiasarana Indonesia , Jakarta.

Stewart, Aileen Mitchell. (1998). Empowering People. Dalam terjemahan Hardjana, A.M. Empowering People, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Kanisius, Yogyakarta.

Thoha, Mahmud. (2000). Indonesia Menapak Abad 21 : Kajian Ekonomi Politik. Millenium Publisher, Jakarta

Widjaja. (2008). Penyelenggaraan Otonomi di Indonesia dalam rangka sosialisasi UU no. 32 tahun 2004. Raja Grafindo Persada. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.