Titik Temu Indonesia dalam Melihat Masalah TKI: Perspektif Public Relation, Aktor Politik, dan Jurnalis sebagai Tiga Aktor Pembentuk Kualitas Public Sphere

Andri Dwi Nurdyantoro

Abstrak


Fenomena berulangnya kasus-kasus hukum yang menimpa TKI di luar negeri merupakan masalah yang serius. Mereka yang notabene adalah salah satu penyumbang devisa yang besar bagi negara Indonesia, pada kenyataannya kurang mendapatkan perhatian yang serius dari beberapa pihak yang terkait. Seharusnya ada penanganan yang serius dalam mencegah dan melindungi hak-hak mereka di negara dimana mereka bekerja. Perlunya mediasi antara pihak-pihak yang berwenang dalam menanggapi kasus-kasus hukum yang menimpa TKI ini dilakukan agar tidak muncul lebih banyak lagi kasus-kasus hukum yang menimpa mereka. Penciptaan public sphere yang berkualitas dalam media adalah bentuk mediasi yang paling baik bagi aktor-aktornya yakni Public Relations, Aktor Politik, dan Jurnalis.

Kata Kunci: Aktor, Public Sphere, Media, Jurnalis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Giddens, A. (1984). The Constitution of Society-Outline Of The Theory Of Structuration. Polity Press.

Luhman, Niklas. (2000). The Reality of the Mass Media, Polity Press. Cambridge, UK.

Ormas MKGR. 2011. Dua Opsi untuk BNP2TKI. Melalui: http://www.ormasmkgr.org/2011/06/dua-opsi-untuk-bnp2tki/.

Sumbawa News. (2014). Marty Natalegawa Jelaskan Kronologi Kasus Ruyati. Melalui: http://www.sumbawanews.com/berita/nasional/marty-natalegawa-jelaskan-kronologi-kasus-ruyati.html.

Parsons, Tacolt. (1975). "The Present Status of "Structural-Functional" Theory in Sociology." In Talcott Parsons, Social Systems and The Evolution of Action Theory, New York: The Free Press.

Progresif Jaya. (2014). Opini: Kronologis dan Fakta Sejarah Awal Penempatan TKI ke Luar Negeri. Melalui: http://www.progresifjaya.com/NewsPage.php?judul=Kronologis%20dan%20Fakta%20Sejarah%20Awal%20Penempatan%20TKI%20ke%20Luar%20Negeri&kategori_tulisan=Opini.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.