Perempuan dalam Birokrasi Hambatan Kepemimpinan Perempuan dalam Birokrasi Pemerintah Provinsi DIY

Rike Anggun Artisa

Abstrak


Saat ini peran dan kontribusi perempuan dalam birokrasi sudah kian meningkat, hal tersebut dapat terlihat dari bertambahnya jumlah pegawai perempuan di Birokrasi Pemerintah Provinsi DIY. Namun peningkatan itu nyatanya cenderung terjadi pada level staf dan hanya sedikit yang berada pada level pimpinan atau pengambil keputusan. Artikel imi ingin memahami penyabab tidak banyak perempuan yang dapat menduduki posisi penting sebagai pemimpin atau pengambil keputusan pada Birokrasi Pemerintah Provinsi DIY. Analisis akan difokuskan pada hambatan-hambatan yang berasal dari kultur, mencakup budaya patriarki, peran domestik, dan stereotype negatif, lalu akan akan dilihat juga dari sisi dukungan lingkungan kerja serta dari keinginan atau motivasi memimpin.
Hasil analisis paper ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kepemimpinan perempuan di dalam birokrasi beserta hambatannya. Pengetahuan tersebut kemudian bisa bermanfaat untuk pengembangan potensi perempuan dalam bidang kepemimpinan. Sehingga tidak hanya laki-laki, perempuan nantinya juga dapat berkontribusi, berpartisipasi dan mengontrol proses pembangunan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nugroho, Riant. 2008. Gender dan Administrasi Publik: Studi Kasus tentang Kualitas Kesetaraan Gender dalam Administrasi Publik Pasca Reformasi 1998-2002. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Partini. 2004. Potret Keterlibatan Perempuan dalam Pelayanan Publik di Era Otonomi Daerah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 7 Nomor 3. Diperoleh dari: http://jurnalsospol.fisipol.ugm.ac.id/index.php/jsp/issue/view/30.

Yuliani, Sri. 2004. Pengembangan karier perempuan di birokrasi publik: Tinjauan dari perspektif gender. Jurnal Pusat Studi Pengembangan Gender UNS Wanodya No.16 Tahun XIV.

Lestari, Yuni. 2008. Tesis: Pesepsi dan Partisipasi Anggota DPRD Provinsi DIT Terhadap Kesetaraan Gender. Semarang: MAP-UNDIP.

Mahmud, M. A. 2012. Tesis: Pengarusutamaan Gender Dalam Program Kehutanan masyarakat. Yogyakarta: Sekolah pasca sarjana UGM.

Troena, dkk. 2011. Motivasi Wanita menjadi Memimpin: Stufi fi Wilayah Gerbangkertosusilo Jawa Timur. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 9 Nomor 2 2011 Halaman 590-600. Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Adriardi. 2014. Perempuan dan Politik di Indonesia. Dilihat di: http://rekhopascapol.blogspot.com/2012/04/perempuan-dan-politik-di-indonesia.html

BPPM DIY. 2011. Data Pilah Gender dan Anak.

Hasil Wawancara dengan Bapak Isnain Aminudin, Kepala Subbidang Pengarusutamaan Gender, BPPM DIY. Pada tanggal 2 November 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.