Pengaruh Koordinasi Terhadap Kinerja Petugas Pemungut Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut

Muhammad Rakhmat

Abstrak


Belum maksimalnya kinerja petugas pemungut pajak bumi dan bangunan disinyalir akibat dari tidak optimalnya koordinasi di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Tujuan penelitian ini adalah menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh koordinasi terhadap kinerja petugas pemungut pajak bumi dan bangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang disebarkan kepada 13 responden.
Berdasarkan analisis statistik, terbukti adanya hubungan yang kuat antara koordinasi terhadap kinerja petugas pemungut pajak bumi dan bangunan di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh koordinasi terhadap kinerja petugas pemungut pajak bumi dan bangunan di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dwiyanto, A. d. (2008). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mangkunegara, A. P. (2008). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Refika Aditama.

Riduwan. (2006). Dasar-dasar Statistik Edisi Ke Tiga. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu. S.P (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siegel, S. (1992). Statistic Nonparametric Untuk Ilmu-Ilmu Social (Terjemahan Zanzawi Suyuti dan Landung Simatupang. Jakarta: PT. Gramedia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.