Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat dii Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Aceng Ulumudin

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut”. Tujuan penelitian ini menemukan data dan informasi mengenai besarnya pengaruh kualitas pelayanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Konsep kualitas pelayanan terdiri dari : Prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan. Sedangkan untuk mengukur kepuasan masyarakat menggunakan dimensi Transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas dengan pengumpulan data melalui teknik survey, dimana kuesioner disebarkan pada 100 responden yang mewakili setiap Desa di Kecamatan Bayongbong.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara deskriftif kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Bayongbong cukup baik dan kepuasan masyarakat termasuk kategori cukup baik. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Bayongbong.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hansen dan Mowen. (2005). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik ;Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.