Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat

Pupung Pundenswari

Abstrak


Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan lembaga layanan publik bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh negara, tugas utamanya adalah memberikan layanan yang diarahkan bagi terwujudnya kesehatan masyarakat di sekitar Puskesmas. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melakukan analisa pengaruh kualitas pelayanan publik bidang kesehatan di Puskesma terhadap kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statitika inferensia. Metode analisis statitika inferensia adalah suatu metode dalam meneliti mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Karangpawitan Garut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara postitif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Strategi peningkatan kualitas layanan publik pada Puskesmas sebaiknya ditekankan pada aspek-aspek: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty.

Kata kunci: kebijakan publik; kualitas pelayanan; kepuasan masyarakat

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016