Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kitab Kuning
Abstrak
Kata kunci: Pesantren salafi, pesantren modern, kurikulum, dan kitab kuning
Teks Lengkap:
Download (PDF)Referensi
Abdalla, U. A. (1999). Humanisasi Kitab Kuning; Refleksi dan Kritik atas Tradisi Intelektual Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah.
Al-Ghazali. (1986). Menuju Mukmin Sejati. (A. B. Nuh, Trans.) Bogor: Yayasan Islamic Center Al-Ghazali.
Al-Syaibany, O. M.-T. (1975). Falsafatu At-Tarbiyyah Al-Islamiyyah. (H. Langgulung, Trans.) Tripoli, Libya: Bulan Bintang.
Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Anwar, R. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Arifin. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Aulia, N. (2005). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.
Azmi, M. (2006). Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakarta: Belukar.
Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Melinium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Basri, H., & Saebani, B. A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Bruinessen, M. V. (1995). Kitab Kuning; Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.
Dhofier, Z. (2015). Tradisi Pesantren (9 ed.). Jakarta: LP3ES.
Fachrurrozi, A., & Mahyuddin, E. (2012). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: CV Pustaka Cendikia Utama.
Fathoni, A. (2005). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamid, I. A. (1968). Dirasat fi Al-Furuq wa al-'Aqoid Al-Islamiyyah. Baghdad: Tnp.
Hasan, I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Horikoshi, H. (1987). Kiai dan Perubahan Sosial. (U. Busalim, & A. Muarly, Trans.) Jakarta: P3M.
Ismatullah, D. (2010). Sejarah Sosial Hukum Islam. Bandung: Tsabita.
Izzan, A. (2011). Asasi Dasar-dasar Ilmu Sharaf. Bandung: Tafakur.
Izzan, A. (2011). Dalili Dasar-dasar Ilmu Nahwu. Bandung: Tafakur.
Joesoef, S. (1999). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Khusnuridlo, M., & Sulthon, M. (2006). Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Langulung , H. (1987). Pendidikan dan Peradaban Islam. Jakarta: Al-Husna.
Latif, R. (2008). Ilmu Nahwu Mubtadiin. Garut: De-A Press.
M. Dian Nafi', e. a. (2007). Praksis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta: ITD Amherst, MA.
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.
Masykur, A. (2010). Modernisasi Pendidikan Pesantren. Tangerang: Barnea Pustaka.
Mughits, A. (2008). Kritik Nalar Fiqih Pesantren. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Muhyidin, M. (2004). Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur'an. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mujib, A., & Muzakkir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Mujtahid, U., & Saleh, F. (2009). Fiqih Pendidikan Anak. Jakarta: Qisthi Press.
Muri'ah, S. (2011). Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir. Semarang: Team Rasail Media Group.
Muslih, I. (2012). Mendidik Dengan Islam. Jawa Tengah: Inas Media.
Mustajab, D. (2007). Membangun Pendidikan Pesantren Berbasis Sains dan Teknologi: Pencarian Eksistensi Pesantren di Era Globalisasi. Draf buku yang akan di terbitkan.
Mutohar, A., & Anam, N. (2013). Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam dan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution, H. (1991). Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan (8 ed.). Jakarta: Bulan Bintang.
Nata , A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Grup.
Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Prasada.
Rahardjo, M. D. (1995). Pesantren dan Pembangunan (5 ed.). Jakarta: LP3ES.
RI, D. (2003). Pondok Pesantrendan Madrasah Diniyah. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
RI, D. A. (1985). Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.
RI, D. A. (2007). Profil Madrasah Aliyah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah, Diektorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI.
Saamani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Sadali, A., Faisal, Y. A., Abdulhaq, I., Mustofa, & Muchsin. (1987). Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang.
Saebani, A., & Hendra, A. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Salim, M. H., & Kurniawan, S. (2012). Studi Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Bandung: Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (22 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.
Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Posda Karya.
Wahid, A. (1999). "Pengantar" dalam Pradjarta Dirjosanjoto, Memelihara Umat, Kiai Pesantren dan Kiai Langgar di Jawa. Yogyakarta: LKiS.
Yasmadi. (2005). Modernisasi Pesantren. Ciputat: Ciputat Press.
Ziemek. (100). Pesantren Dalam Perubaha Sosial.
Zubaedi. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren: Kontribusi Fiqih Sosial Kiai Sah Mahfudh dalam Perubahan Nilai-nilai Pesantren . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i1.908
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pendidikan UNIGA
Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut
Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151
Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id
Download Template :
Visitor
Indexed by:
Supported by:
Tools
Copyright © journal.uniga.ac.id 2016
| This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.