RELEVANSI METODE LANGSUNG PADA PENGAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT PERGURUAN TINGGI

Yufi Mohammad Nasrullah

Abstrak


Pengajaran bahasa Arab di tingkat lanjutan terutama pada perguruan tinggi Islam masih terkendala dengan berbagai kompleks persoalan. Output pembelajaran, dalam hal ini lulusan perguruan tinggi Islam, masih dihinggapi kenyataan minimnya penguasaan mereka terhadap bahasa Arab yang nota bene salah satu pilar terpenting dalam rangka kajian Islam. Kompleks persoalan yang meliputi masalah orientasi pengajaran bahasa Arab dan quo vadis problem linguistik serta non-linguistik, meniscayakan perlunya peninjauan kembali berbagai unsur tersebut. Kecuali itu, metode langsung yang selama ini digunakan dalam praktek pengajaran perlu ditelusuri sisi kelemahan dan kelebihannya untuk selanjutnya mencari alternatif metode dalam pengajaran bahasa Arab.

Kata kunci : metode langsung, pengajaran bahasa Arab, perguruan tinggi

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v1i1.9

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.