Strategi Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah

Wahyu Hidayat

Abstrak


Pengawas madrasah berfungsi sebagai driving force dalam pelaksanaan supervisi manajerial. Sistim kerja pengawas madrasah perlu dirancang dengan baik agar dapat mendongkrak dan meningkatkan kinerja kepala madrasah dalam menata sekolah dengan menggunakan teknik supervisi manajerial yang efektif.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Strategi pelaksanaan supervisi manajerial terhadap kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri I, MTs al-Musaddadiyah , dan MTs Persis Tarogong Garut dilakukan melalui proses pembinaan, pemantauan dan penilaian. Hasilnya menunjukan bahwa tehnik supervisi manajerial yang digunakan yaitu: (1) monitoring dan evaluasi; (2) refleksi dan focused group discussion; (3) metode delphi, dan (4) workshop. Keempat tehnik ini cukup efektif dalam menunjang kinerja kepala madrasah khususnya dalam beberapa hal berikut ini, yaitu: 1) Perumusan, pengembangan, penyebarluasan, dan pelaksanaan visi madrasah; 2) Pengembangan iklim pembelajaran yang kondusif bagi peserta didik dan pendidik; 3) Pengelolaan sumber daya madrasah; 4) Pengembangan hubungan kerjasama dengan sumber daya eksternal; 5) Keteladanan kepala madrasah; dan 6) Merespon perubahan politik, sosial, ekonomi dan budaya

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Al Qathani Said Bin Ali, (1994) . Dakwah Islam Dakwah Bijaksanaâ€, Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Qur’an dan Terjemahnya (1994). Departemen Agama RI

Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Arikunto, Suharsimi, (2006). Dasar-dasar supervisi, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bugin, B. (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, kebijakan public, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Depdiknas, 2017, Buku Panduan Kerja Pengawas . Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2009, Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial. Jakarta: Bahan belajar mandiri musyawarah kerja pengawas

Depdiknas, 2014. Buku Kerja Pengawas , Jakarta: Depdiknas

Depdiknas, 2019. Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial. Jakarta: Bahan belajar mandiri musyawarah kerja pengawas

Fattah, Nanang, (2011). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Hamidi, (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press

Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto, 1988, Kepemiminan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara

Hidayat, Wahyu, (2003). Pola Pengembangan Fitrah Beragama (Thesis), Kuala Lumpur : Universiti Malaya.

Hidayat, Wahyu, (2012). Manajemen Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren (Disertasi), Bandung: UNINUS.

Jahari, jaja dan Syarbini, Amirullah (2013). Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta

Jerry H.M, (2014). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alpabeta

Lincoln, Y.S dan Guba, E.G (1985). Naturalistic Inquiry. London: Sage Publication

Mulyadi, Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen, Yogyakarta: Salemba Empat

Mulyasa, E. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: BUMI AKSARA.

Munawwir, Ahmad Warson, (1997). Kamus Arab - Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Aedi , Nur, 2014. Pengawasan Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Husada

Permendiknas No 12 tahun 2007.

Permendiknas No 13 tahun 2007.

Permendiknas No 16 tahun 2007.

Permendikbud No 06 tahun 2008.

Piet A. Sahertian, 2008, Konsep Dasar dan Tekhnik Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta

Rifa’i, M, (1987). Pengantar Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars

Rivai, Veithzal dan Murni, Sylviana. 2010. Education Management. Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Robson, Wendy, (1997). Strategic Management and Information System, An Integrated Approach, England: Pearson Education Limited.

Sagala, Syaeful (2008). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: alfabetha

Sahertian, Piet A. (2000). Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sergiovani, T.J dan Starratt, R.J. (1983). Supervision Human Perspectives. New York: McGraw Book Company.

Spencer, L.M & Spencer, S.M, (1993). Competence At Work: Model For Superior performance. New York: John Wiley & Sons.

Supandi. (1996). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Depdiknas: Universitas Terbuka.

Sutisna, Oteng, (1983). Administrasi pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Syarifuddin, 2010. Kepemimpinan Pendidikan,(Akutanbilitas Pimpinan pendidikan dalam konteks otonomi daerah,Jakarta: Quantum Teaching Ciputat Press Group.

Tim Penyusun Kamus, (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Wibowo. 2009. Manajemen kinerja, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wikipedia.org/wiki/Kinerja di akses pada tanggal 15 Mei 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.