Korelasi Minat Terhadap Fisika dengan Hasil Belajar Siswa SMA pada Domain Pengetahuan Faktual dan Konseptual

Asep Irvan Irvani

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara minat siswa terhdap fisika dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar yang dimaksud difokuskan pada dimensi pengetahuan faktual dan konseptual. Penelitian dilakukan di salah satu SMA di Kota Bandung pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data minat siswa terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan angket skala bertingkat. Sedangkan pengumpulan data hasil belajar siswa berupa pengetahuan faktual dan konseptual diperoleh melalui instrument test yang sudah diuji coba dengan nilai reliabilitas 0,96. Hasil angket menunjukan bahwa 41% siswa setuju terhadapa pernyataan pada angket. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa adalah 53 dari skala 100. Hasil perhitungan menunjukan bahwa secara signifikan (p = 0,004) koefisien korelasi r sebesar 0,476. Disimpulkan bahwa terdapapat korelasi positif antara minat siswa terhadap fisika dengan hasil belajar siswa pada dimensi pengetahuan faktual dan konseptual.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


BSNP. (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from Badan Standar Nasional Pendidikan : http://bsnp-indonesia.org/standar-nasional-pendidikan/standar-kompetensi-lulusan/

Creswell, J. W. (2008). Educational Reaserch Design: Planning, Conducting, and Evaluation,Quantitative Research 3th ed. New Jersey: Pearson.

Dewi, T., Suwarma, I. R., & Sutiadi, A. (2016). Profil Prestasi Akademik Siswa Ahli dan Siswa Pemula dalam Pembelajaran Fisika SMA yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Jakarta: UNJ.

Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2008). Fundamentals of Physics 8th Edition. John Wiley & Sons, Inc. Retrieved from Meriam Webster: https://www.merriam-webster.com/dictionary/physics

Irvani, A. I. (2017). Integrasi Proses Researching Reasoning Reflecting Pada Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Saintifik dan Sikap Siswa terhadap Fisika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Johnson, D. M. (1992). Approach to Research in Second Language Learning. Longman. Boston: Addison Wesley Longman.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. THEORY INTO PRACTICE, 212-218.

Kusnawati, E. (2014). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN 2. e-journal untan.

Prastiti, W., & Wibowo, S. A. (2012). Hubungan Antara Minat Belajar dan Kemampuan Berpraktikum dengan Hasil Belajar Fisika pada Kompetensi Dasar Fluida Statis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Metro, Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Seminar Nasional Penelitian, Pedidikan dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: UNY.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca. Bandung: Angkasa.

Veloo, A., Nor, R., & Khalid, R. (2015). Attitude towards Physics and Additional Mathematics Achievement towards Physics Achievement. International Education Studies, 35-43.

Wahyono, T. (2012). Analisis Statistik Mudah dengan SPSS 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.821

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.