Pendekatan Pembelajaran Analisis Nilai untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Ani Siti Anisah

Abstrak


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mengkaji tentang bagaimana manusia memiliki hubungan yang harmonis dengan sesama manusia, lingkungan dan sang Khaliq. Salah satu pendekatan yang memenuhi prinsip pembelajaran IPS yang memiliki kekuatan adalah pendekatan analisis nilai (value analysis). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran analisis nilai (value analysis) berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep dan sikap kepedulian sosial
siswa dalam mata pelajaran IPS?. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan Nonequivent Control Group Design yang dilaksanakan pada siswa kelas IV MIN Suci Kaler dengan jumlah 65 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 34,7% berkategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol dengan pendekatan konvensional mengalami peningkatan (N Gain) 8,7% berkategori rendah. Untuk variabel Sikap Kepedulian sosial dengan pendekatan analisis nilai, kelas eksperimen mengalami peningkatan (N Gain) sebesar 25% dan kelas yang kontrol (N Gain) 2,2%. Setelah dilakukan Uji-T menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Analisis
Nilai (value analysis) dam pembelajaran IPS berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap kepedulian sosial siswa.

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial; pendekatan analisis nilai; konsep; sikap

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1.82

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.