Siklus Belajar PODS (Predict-Observe-Discuss-Synthesize)

Reza Ruhbani Amarulloh

Abstrak


Pembelajaran fisika yang cenderung dilakukan dengan cara guru memberikan berbagai informasi berupa fakta dan persamaan-persamaan matematis kepada siswa tidak memfasilitasi siswa untuk menemukan sendiri bagaimana hubungan-hubungan antara fakta-fakta yang ia peroleh. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa, pemahaman konsep yang kurang dan tingkat retensi siswa yang rendah. Dalam pembelajaran fisika, guru haruslah menghadirkan pembelajaran aktif. Salah satu pembelajaran aktif yang dapat digunakan dalam rangka meningkatkan pemahaman saintifik adalah siklus belajar PODS (Predict-Observe-Discuss-Synthesize) yang merupakan siklus pembelajaran sains yang menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran
Pembelajaran dengan siklus belajar PODS (Predict-Observe-Discuss-Synthesize) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, dimana siswa dapat lebih aktif dalam mengkonstruk sendiri pemahamanya, guru tidak lagi menjadi sumber pengetahuan melatihkan siswa untuk dapat membangun pemahaman tersebut.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Buku Standar Isi SMA. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta : P2IS UNY

Kulsum, U. (2011). Penerapan Model Learning Cycle pada Sub Pokok bahasan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 7: 128.

Sikoyo,L. (2010). Contextual challenges of implementing learner-centred pedagogy: the case of the problem-solving approach in Uganda. Kampala: Routledge.

UNESCO. (2009). Active Learning in Optics and Photonics Training Manual. UNESCO.

Onwu, G. Stoffels,N. (2005). Instructional functions in large, under resourced science classes: Perspectives of South African teachers. Journal of Perspectives in Education, Volume 23 : 632-642

Akınoğlu and Tandoğan.(2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2007, 3(1), 71-81

Mathias, Amber. (2014). Active Learning In The Science Classroom. Honors Projects. 113. https://scholarworks.bgsu.edu/honorsprojects/113

Minhas et al. .(2012). The Effects of Passive and Active Learning on Student Preference and Performance in an Undergraduate Basic Science Course. Anatomical Sciences Education 00:000–000 (2012)

McCarthy dan Anderson .(2000). Active Learning Techniques Versus Traditional Teaching Styles: Two Experiments from History and Political Science. Innovative Higher Education, Vol. 24, No. 4, Summer 2000




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.819

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.