Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Garut

Nahdi Hadiyanto

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Partisipasi Orang Tua Siswa dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 80 sekolah yang berstatus negeri yang tersebar di kabupaten Garut. Penarikan sampel
menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan jumlah sampel sebanyak 45 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi sedangkan analisis statistika dengan model analisis jalur. Hasil pengujian hipotesis utama menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah memberi pengaruh secara secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja guru dan partisipasi orang tua siswa dalam peningkatan prestasi belajar siswa yaitu sebesar 27,81%, sedangkan pengaruh di luar Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah sebesar 72,19%. Adapun hasil pengujian sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa diantara
masing-masing variabel memberikan pengaruh secara secara positif dan signifikan.

Kata Kunci : Bantuan Operasional Sekolah, kinerja guru, partisipasi orang tua, prestasi belajar

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016