PERANAN PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK NEGATIF ERA GLOBALISASI (Penelitian di pondok pesantren Nurul Huda A1-Manshuriyyah Kampung Cimaragas Desa Karangsari Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut)

Cep Habib Mansur

Abstrak


Dalam sistem pendidikan Islam ada komponen yang bersifat tetap dan ada
komponen yang bersifat berubah. Dalam Islam tidak ada dikhotomi antara agama dengan sains dan teknologi. Dalam pandangan Islam, suatu sistem pendidikan harus bersifat dinamis, fleksibel dengan perubahan dan perkembangan peradaban manusia dan didalamnya melingkupi perkembangan sains, problematika zaman modern ini termasuk harus mampu mengantisipasi segala dampak hegemoni jahiliyyah modern juga globalisasi. Tujuan penelitian yang di lakukan penulis adalah mengetahui pendidikan agama Islam di pesantren Nurul Huda Al-Manshuriyyah, mengetahui dampak negatif era globalisasi, dan mengetahui peranan pendidikan agama Islam dalam mengantisipasi dampak negatif era globalisasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode servey deskriptif melalui penelitian langsung ke lokasi tempat terjadinya penomena yang bersifat aktual. Adapun langkah-langkah yang ditempuh meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Dampak negatif era globalisasi merambat ke beberapa sektor, diantaranya di lingkungan pesantren, seperti kurangnya respon masyarakat terhadap pesantren, di lingkungan para santri seperti menirunya gaya hidup ala barat, dan lebih menekuni
dunia teknologi, seperti handphone, dan di lingkungan tenaga pendidik seperti Globalisasi budaya, informasi dan komunikasi secara signifikan mempengaruhi format hidup tenaga pendidik di pesantren yang teridentifikasi pada cara berpakaian, meningkatnya cakrawala berpikir dan keinginan mengkonsumsi produk-produk global serta cenderung bergaya demokratis, dan tidak secara langsung akan mendangkalkan reproduksi Ulama.

Kata kunci: Peranan, Pesantren, Dampak Negatif, Era Globalisasi

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v6i1.48

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.