POLA KEPEMIMPINAN KYAI DALAM PENDIDIKAN PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren As-syi’ar Leles)

Faqih Affandi M

Abstrak


Pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren sangat esensial. Hidup atau matinya sebuah pesantren tergantung pada pola kepemimpinan kyai yang dijalankan di pesantren itu. Disinilah para pemimpin pendidikan pesantren diharapkan mampu menjadi inspirator dari terciptanya komunitas belajar yang dinamis. Adapun rumusan masalah diantaranya: 1) Bagaimana pola kepemimpinan kyai di pesantren? 2) Bagaimana pendidikan pesantren di pesantren as-syi’ar leles? 3) Bagaimana pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren as-syi’ar leles? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pola kepemimpinan kyai di pesantren, 2) Mengetahui pendidikan pesantren di pesantren As-syi’ar Leles, dan 3) Mengetahui pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren As-syi’ar Leles. Penelitian menggunakan metode kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata (narasi), gambar, pemahaman dari hasil penglihatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan pola kepemimpinan kyai di pesantren As-syi’ar Leles. Dari hasil penelitian, bahwa sukses atau tidaknya sebuah lembaga pendidikan pesantren tergantung pada pola kepemimpinan kyai yang berada di dalamnya, unsur-unsur kepemimpinan yang menunjang keberhasilan pendidikan pesantren diantaranya: 1) sifat-sifat dasar pemimpin yang kredibel, 2) tipe pemimpin yang objektif, 3) etika yang sesuai ajaran Rasulullah saw., 4) fungsi pemimpin yang responsif.

Kata Kunci: kepemimpinan, kyai, pendidikan, pondok pesantren

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v6i1.46

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.