Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Metode Pembiasaan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v18i1.3844Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya yang dilaksanakan oleh guru dalam pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan dengan analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerta dengan metode pembiasaan sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembentukan karakter sudah memiliki kurikulum yang jelas serta dilaksanakan secara konsisten oleh semua pihak yang terlibat. Metode ini berjalan dengan baik dan mampu membetuk karakter siswa secara bertahap melalui kegiatan yang dilaksanakan setiap hari, minggu, dan bulanan.Referensi
Abdullah Idi, Toto Suharto. (2006). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Abdul Malik Karim Amrullah dan Djumransjah. (2007). Pendidikan Islam. Menggali “Tradisi” Mengukuhkan Eksistensi. UIN-Malang Press.
Akhyar dan Sutrawati. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. 18(2), 132-146.
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Dharma Kesuma. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di. Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daradjat, Zakiah dkk. (2006). Ilmu Pendidikan Islam, cet. 6. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmadi dan Nia Sri Sunariah. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Mubin dan Furqon. (2023). Pelaksanaan Program Pembiasaan Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). 3(1). 78-88.
Mulyana, D. (2006). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Rosda Karya Bandung.