PENGARUH MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU (Penelitian di MTs. Nurulhuda Cibojong, Cisurupan, Kabupaten Garut)

Ujang Abdul Muis Munawar

Abstrak


Kepala madrasah merupakan pemimpin yang bertanggungjawab atas segala aktivitas yang terjadi di madrasah, Oleh karena itu, kepala madrasah harus memiliki manajemen kepemimpinan yang dapat diterima oleh setiap guru yang ada dibawah pimpinannya. Manajemen kepemimpinan tersebut jika diterima oleh guru akan menimbulkan respon yang positif untuk mencapai kedisiplinan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dan untuk mengetahui realitas Kedisiplinan Guru di MTs Nurulhuda Cibojong, Cisurupan, Kabupaten Garut yang diajukan sebagai salah satu syarat dalam menempuh ujian sidang sarjana pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Garut. Dari hasil penelitian manajemen kepemimpinan kepala madrasah menunjukan yang dilaksanakan berada pada kategori “tinggi”. Dengan angka rata-rata “4,24”.
Angka tersebut menunjukan kualifikasi tinggi karena ada pada skala interval 3,6 – 4,5. Kedisiplinan Guru berada pada kategori “tinggi”. Dengan angka rata-rata “4,0”. Angka tersebut menunjukkan kualifikasi tinggi karena ada pada interval 3,6 – 4,5. Hubungan manajemen kepemimpinan kepala madrasah dengan kedisiplinan guru MTs. Nurulhuda Cibojong, Cisurupan, Kabupaten Garut berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rxy sebesar 12,25% dan derajat kepengaruhan variabel X (Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah) terhadap variabel Y (Kedisiplinan Guru) berada pada kategori “rendah” sebesar 0,35. Dengan
demikian masih ada sekitar 0,65 faktor yang mempengaruhi variabel Y yang lainnya, faktor keterampilan taknis, keterampilan bermasyarakat, keterampilan konseptual dan hal-hal lain yang perlu diteliti lebih lanjut.

Kata Kunci : Manajemen Kepemimpinan, Kepala Madrasah , Kedisiplinan Guru

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016