PENGARUH PROGRAM KONTROL SHALAT WAJIB TERHADAP MOTIVASI IBADAH SHALAT SISWA SEHARI-HARI (Penelitian Terhadap Santri Putri Pondok Pesantren Darussalam Garut)

Andriani .

Abstrak


Secara teoritik program kontrol shalat wajib dimaksudkan untuk mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan shalat lima waktu yang merupakan kewajiban bagi umat muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program kontrol shalat wajib, untuk mengetahui motivasi ibadah shalat mereka sehari-hari, dan untuk mengetahui hubungan antara keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan logika dan statistik.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas program kontrol shalat wajib berkategori sangat tinggi, dengan hasil perolehan nilai parsial 4,0 dan prosentase rata-rata sebesar 118%. Sedangkan realitas motivasi ibadah shalat siswa seharihari termasuk tinggi dengan hasil perolehan nilai parsial 4,1 dan prosentase ratarata sebesar 119,1%. Jadi, hubungan antara keduanya termasuk kategori sedang dengan nilai indeks koefisien korelasi 0,353. Begitu pula hasil analisis uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa ttabel lebih besar dari thitung yaitu 3,01 > 2,05. Adapun besar pengaruh variabel X dengan variabel Y sebesar 19% hal ini berarti 81% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang turut mempengaruhi motivasi ibadah shalat siswa di Pondok Pesantren Darussalam Garut.

Kata kunci: Program, Kontrol, Shalat, Motivasi, Ibadah

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016