PENGARUH PENAMBAHAN WAKTU BELAJAR AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Penelitian Pada Siswa Kelas II SMPN 3 Cikajang Garut)

Suhendar .

Abstrak


Proses pendidikan yang terjadi dalam lembaga pendidikan sekolah akan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap prestasi belajar siswa. Sejalan dengan pemikiran itu, usaha yang dilakukan oleh guru agama di SMPN 3 Cikajang Garut tidak hanya terfokus pada jatah waktu yang telah ditentukan, maka dilakukan penambahan waktu belajar dari dua jam menjadi enam jam pelajaran dalam satu minggu. Namun di pihak lain prestasi belajar siswa dalam bidang studi agama sangat bervariasi ada yang mendapat nilai tinggi, sedang, cukup dan ada pula yang mendapat nilai kurang. Padahal bidang studi agama merupakan salah satu biang
studi pokok selain dari bidang studi inti lainnya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penyediaan waktu sangat penting demi lancarnya kegiatan proses belajar mengajar dan tercapainya tujuan-tujuan yang
telah ditentukan. Melalui pengaturan waktu yang tersedia, diharapkan siswa dan guru dapat memanfaatkan dalam berbagai kegiatan belajar secara optimal, sehingga banyak waktu yang digunakan dengan efektif dan efisien yang dapat menunjang terhadap keberhasilan proses belajar mengajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya adalah angket, test, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis logika untuk data kualitatif, dan analisis statistika untuk data kauntitatif.
Dari hasil penelitian data diperoleh bahwa pengaruh penambahan waktu belajar pelajaran agama termasuk sedang yaitu 3,4. Demikian juga prestasi bidang studi Pendidikan Agama Islam termasuk tinggi yaitu 3,1. Adapun hubungan antara kedua varibel tersebut adalah sedang dengan ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi Pengaruh variabel X terhadap variabel Y mencapai 31%, itu diduga masih ada sekitar 69% faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi bidang studi Pendidikan Agama Islam.

Kata kunci: Penambahan, Waktu Belajar, Pendidikan Agama, Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016