PENGARUH PENERAPAN SANKSI BERJENJANG TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SDN MEKARWANGI I KECAMATAN CIHURIP KABUPATEN GARUT

Novi Hernawati

Abstrak


Keberhasilan pendidikan di sekolah salah satunya ditentukan oleh bagaimana guru dalam mendidik siswanya di sekolah. Kedisiplinan siswa sangat berperan penting dalam meningkatkan keberhasilan pendidikan. Dalam pelaksanaan tugas mendidik, guru memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kedisiplinan siswa bukan hanya sekedar mengajar.
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Sanksi Berjenjang Terhadap
Kedisiplinan Siswa di SDN Mekarwangi I Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Realitas penerapan sanksi berjenjang di SDN Mekarwangi I Cihurip-Garut (Variabel X), berdasarkan hasil jawaban responden dari seluruh item yang diajukan menunjukkan intensitas yang tinggi, dengan hasil perolehan nilai parsial sebesar 3,44 dan prosentase rata-rata sebesar 82,1%. Realitas kedisiplinan siswa di SDN Mekarwangi I Cihurip-Garut (Variabel Y), berdasarkan hasil perhitungan atas jawaban responden dari seluruh item yang diajukan menunjukkan intensitas yang tinggi, dengan hasil perolehan nilai parsial sebesar 4,02 dan prosentase rata-rata
sebesar 92,8%. Berdasarkan pengolahan dan analisis data melalui uji korelasional Variabel X (penerapan sanksi berjenjang) dengan Variabel Y (kedisiplinan siswa) diperoleh kejelasan dimana adanya korelasi yang cukup signifikan dari penerapan sanksi berjenjang di SDN Mekarwangi I (Variabel X) dengan kedisiplinan siswa di SDN Mekarwangi I (Variabel Y), dengan indeks koefisien 0,988. Adapun taraf pengaruh penerapan sanksi berjenjang terhadap kedisiplinan siswa memiliki pengaruh sebesar 10%, dan sisanya 90% menunjukkan faktor lain yang turut mempengaruhi kedisiplinan siswa di SDN Mekarwangi I Cihurip-Garut.

Kata kunci : Kedisiplinan Siswa, Sanksi Berjenjang.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016