Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah

Tatik Fitriyani, Iman Saifullah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosentase komponen kompetensi serta analisis materi dalam Kurikulum mata Pelajaran Al-Quran Hadis di tingkat Madrasah Aliyah dilihat dari beberapa perspektif, diantaranya perspektif psikologi perkembangan dan konsep Pendidikan Islam Sosial Profetik Kuntowijoyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analitik dengan pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa muatan kompetensi pada kurikulum Al-Quran Hadis di MA pada aspek kompetensi afektif spirirtual (KI-1) berada pada tahap Karakterisasi (A5) sebanyak 90%, kompetensi afektif sosial (KI-2) berada pada level karakterisasi dengan prosentasi 100%, kompetensi kognitif nya (KI-3) berada pada level menganalisis (C4) dengan total prosentase 97%, dan kompetensi psikomotor (KI-4) 63%. Sedangkan materi yang sesuai dengan konsep Sosial Profetik Kuntowijoyo diantaranya adalah materi menjaga kelestarian lingkungan hidup dan materi Manusia serta tugasnya sebagai Khalifah Fil ard’.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Anderson, L W. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyana, Yoki.dkk. 2018. Pembelajaran Berorientasi Kemampuan Berfikir Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya

Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal PendidikanIslam, Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2008.

Fahmi, M. 2005. Islam transendental: Menelusuri Jejak-Jejak pemikiran islam Kuntowijoyo. Yogyakarta: Pilar Religia.

Ibda, Fatimah. 2015. Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget, INTELEKTUALITA - Volume 3, Nomor 1.

Jalaludin. 2016. Psikologi Agama. Jakarta: RajaGrapindo.

Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Kuntowijoyo. 2005. “Maklumat Sastra Profetik†dalam Horison.

Kuntowijoyo. 2001. Muslim tanpa Masjid.Bandung: Mizan.

Kuntowijoyo, A. E Priyono. 2008. Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi .Bandung: Mizan.

Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Ahyani, Latifah. Dkk. 2018. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Kudus: Univ.Muria Kudus.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rosana, Mira. 2018. Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan di Indonesia. KELOLA: Jurnal Ilmu Sosial, Vol 1 No.1.

Samiudin. 2017. Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk Menyesuaikan Cara Mengajar Yang Diberikan, PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam,Vol.12, No.1

Sofiah, Dirana, dkk, Pandangan Anggota Rohis SMA Tentang Radikalisme Agama, Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, Vol. 13, No. 1 , 2017 .

Wulandari, Yeni. 2017.Skripisi: “Implementasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di MAN 1 Tulungagung†.Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Yusuf, Syamsul. 2017. Perkembangan Psikologi Anak dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2.1003

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.